Ekonomi

Pemprov Riau dan BI Gelar Pasar Murah di Bengkalis, Emak-emak Semringah Dapat Sembako Harga Miring

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau bersama Bank Indonesia (BI) menggelar pasar murah di Desa Pambang Baru, Kecamata Bantan, Kabupaten Bengkalis pada Selasa (26/9/2023).

komoditas yang tersedia di pasar murah, seperti cabai merah, bawang merah, bawang putih, minyak, gula, dan beras, semuanya dijual dengan harga yang jauh lebih rendah daripada harga pasar.

Dari pantauan dilokasi, beras merek Belida seberat 5 kilogram (kg) dijual seharga Rp65.000. Sedangkan di pasar biasa harganya hampir Rp80.000. Kemudian, Cabai merah dijual seharga Rp40.000 per kg, sementara di pasar biasa harganya bisa mencapai Rp50.000.

Lalu, terdapat pula sembako yang dijual dalam bentuk paketan yang berisi cabe setengah kg, minyak goreng 1 liter, bawah dan bawang merah masing-masing setengah kilo. Sepaket sembako ini dapat ditebus dengan harga Rp 57.000.

Warga desa tampak sumringah karena bisa mendapatkan harga sembako dengan harga miring. Afiqoh (48) seorang warga setempat sampaikan sangat terbantu dengan diadakannya pasar murah tersebut. Terlebih, kata dia, proses saat membeli barang tidak perlu berdesak-desaka.

"Sangat senang dengan adanya pasar murah ini, biasanya beli telur sepapan dikedai Rp 50.000 malah kalo lagi mahal sampai Rp 57.000 disini harganya Rp 40.000. Jadi sangat murah," ungkapnya.

"Apalagi saat membeli bahan poko juga nyaman tidak perlu berdesak-desakan, jadi kami sangat berterima kasih dengan diadakannya pasar murah ini," tutupnya.

Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga yang terlibat dalam penyelenggaraan pasar murah ini meliputi Badan Urusan Logistik (Bulog), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Riau, Dinas Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Provinsi Riau, serta PT Sarana Pembangunan Riau (SPR).