Lingkungan

Dumai dan Bengkalis Sudah Siaga Darurat, Ancaman Karhutla dan Kabut Asap Makin Serius

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, H Edwar Sanger.

RIAULINK.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk mengevaluasi kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau selama 2019. Pasalnya dua kabupaten/kota, Bengkalis dan Dumai, sudah menetapkan status siaga darurat Karhutla.

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, H Edwar Sanger seperti dilansir dari laman Cakaplah.com, Jumat (15/2/2019) di Pekanbaru. 

"Kalau surat keputusan penetapan siaga Karhutla Bengkalis sampai ke kita, maka akan rapat dengan BMKG dan intansi terkait lainnya. Karena Bengkalis baru kemarin menetapkan status siaga," katanya. 

Rapat tersebut, lanjut mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini, untuk mengambil langkah-langkah apa yang harus dilakukan di tingkat provinsi, dalam menyikapi kasus Karhutla.

"Nanti hasil rapat itu kita sampaikan ke pak gubernur Riau untuk mengambil sikap penetapan status siaga Karhutla Riau 2019. Karena syarat untuk menetapkan status itu minimal ada dua kabupaten/kota yang sudah menetapkan status siaga," ujarnya. 

Karena itu, BPBD Riau berharap bisa segera tetapkan status siaga Karhutla sebagai antisipasi dini kebakaran di Riau tahun ini. "Dengan ditetapkan status, kita juga lebih mudah meminta bantuan ke BNPB nantinya," cakapnya.