Lingkungan

Cek Prakiraan Cuaca Riau Hari Ini...

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru telah merilis prakiraan cuaca dan informasi hotspot untuk Provinsi Riau pada hari Rabu, 24 Mei 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Mia Vadhila mengatakan bahwa cuaca di Pekanbaru dan sekitarnya diprediksi cerah-cerah berawan pada pagi hari.

Namun, pada siang hari, cuaca akan berubah menjadi cerah berawan hingga berawan.

"Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa wilayah, termasuk Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Pelalawan, dan Kota Dumai," kata Mia.

Situasi cuaca serupa diperkirakan berlanjut pada sore hingga malam hari, dengan cuaca cerah berawan hingga berawan.

Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang juga dapat terjadi di beberapa wilayah, seperti Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Indragiri Hilir.

Pada dini hari, cuaca masih diperkirakan cerah berawan hingga berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di sebagian wilayah, termasuk Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, dan Pekanbaru.

"BMKG Pekanbaru juga mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di Pelalawan, Kampar, dan Kuantan Singingi pada sore, malam, dan dini hari," imbaunya.

Kemudian, untuk suhu udara di Riau diperkirakan berkisar antara 22,0 hingga 34,0 derajat Celsius, dengan kelembapan udara mencapai 55 hingga 98 persen. Angin diperkirakan bertiup dari arah selatan hingga barat dengan kecepatan 5 hingga 28 km/jam.

Selain itu, BMKG Pekanbaru juga memberikan prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau, yang diperkirakan berkisar antara 0,50 hingga 1,25 meter (rendah).

Terkait dengan hotspot atau titik panas, pada pukul 23.00 WIB, total hotspot yang terdeteksi di wilayah Sumatera mencapai 93 titik.

Rincian hotspot di setiap provinsi adalah sebagai berikut: Bengkulu (26), Jambi (2), Lampung (3), Sumatera Barat (37), Sumatera Selatan (17), Kepulauan Riau (2), dan Bangka Belitung (6). Namun, tidak ada hotspot yang terdeteksi di Provinsi Riau pada saat ini.

BMKG Pekanbaru mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi, siang, dan dini hari di beberapa wilayah Kepulauan Riau. Selain itu, juga perlu diwaspadai potensi banjir di wilayah Kepulauan Riau.