Lingkungan

Lusa, Menko Polhukam Pimpin Apel Siaga Karhutla di Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Musim panas di Provinsi Riau diprediksi akan berlangsung sampai Oktober 2023 mendatang, yang dikhawatirkan berdampak terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di Riau, Menko Polhukam Mahfud MD dijadwalkan akan memimpin apel siaga Karhutla Riau di halaman kantor Gubernur Riau pada, Kamis (25/5/2023) lusa.

"Besok hari Kamis Pak Menko Polhukam akan memimpin apel siaga Karhutla di Riau, beliau nanti akan memberi arahan terkait penanganan Karhutla," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Selasa (23/5/2023).

Selain pimpin apel, lanjut Gubri, Menko Polhukam juga akan melakukan rapat koordinasi dengan para bupati/walikota se-Riau.

"Nanti dalam rakor juga melibatkan Forkompinda Riau dan kabupaten/kota. Ini tentunya harus dilaksanakan arahan Pak Menko Polhukam nantinya, sehingga kita harapkan tidak terjadi bencana asap ke depannya akibat kebakaran," harapnya.

Untuk diketahui, dalam penanganan Karhutla di Riau, Pemprov Riau saat ini telah mendapat bantuan helikopter water bombing 2 unit dan helikopter patroli 1 unit dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI.

Selain itu, pemerintah juga telah melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) di wilayah Riau membuat hujan buatan di daerah yang rawan kebakaran.