Ekonomi

Inhil Masih Jadi Daerah Penghasil Udang Terbesar di Riau

Ilustrasi

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, sejauh ini masih menjadi daerah penghasil udang terbesar di Riau. 

Baik untuk udang dari perairan laut, maupun udang dari perairan umum.

Berdasar data yang dikeluarkan oleh Pemkab Inhil, negeri seribu parit ini berkontribusi sebesar 43 persen dari total produksi udang di Riau sepanjang tahun 2021, yakni sebanyak 1.744 ton dengan nilai Rp48 miliar. 

Data ini dikeluarkan Pemkab Inhil pada Oktober 2022 dengan merujuk pada data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Bupati Inhil, Wardan mengatakan, dari data jumlah produksi udang tersebut dapat dilihat bahwa Inhil masih bisa menjadi kabupaten yang diandalkan oleh Riau, terutama untuk subsektor udang perairan laut dan udang perairan umum.

“Ini, sekaligus membuat produksi udang perairan laut menjadi salah satu sektor Budidaya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Riau yang sangat potensial di Indragiri Hilir,” katanya.

Wardan menyebut, Pemkab Inhil terus mendorong tumbuh kembangnya perekonomian masyarakat setempat dengan memanfaatkan peluang tersebut, selain dari sektor perkebunan kelapa.

Kata dia, hal ini menjadi bukti bahwa nilai ekonomis yang bisa didapat masyarakat tidak hanya terfokus pada sektor perkebunan dengan hamparan kebun kelapa yang luas, akan tetapi, luasnya kawasan perairan di Inhil, juga dapat menjadi sumber tambahan dalam rangka menunjang ekonomi kerakyatan.***