Ekonomi

Hutan Kota Bagansiapiapi Solusi Tingkatkan PAD

ROHIL, RIAULINK COM - Taman Hutan Kota Bagansiapiapi yang berada dibatu Enam, kini sudah memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Rokan Hilir di sektor parkir,  untuk Bulan pertama, Retribusi parkir ditaman hutan kota tersebut mendapatkan hasil sebesar Rp. 3,8 Juta Rupiah.

"Untuk Bulan pertama, Retribusi parkir yang kita dapat dari Taman Hutan Kota sebesar Rp 3,8 juta, dan untuk bulan ini masih berjalan," kata Kadis LH Rohil, Suwandi,S.Sos, Sabtu (07/11/2021).

Lebih lanjut Suwandi menjelaskan, bahwa Dalam rangka meningkatkan PAD terutama dari retribusi parkir, dinas Lingkungan Hidup sebagai instansi pengelola hutan kota bekerjasama dengan dinas Perhubungan, yang dimulai sejak bulan september, dan telah melakukan pungutan retribusi parkir bagi pengunjung yang datang ke hutan kota.

" Dan untuk Tahun ini, hutan kota juga sedang membangun beberapa fasilitas diantaranya adalah, seperti, kantin dan panggung hiburan, dan termasuk juga penggadaan sarana bermain untuk anak-anak, berupa bebek dayung sebanyak 5 unit. dan apabila fasilitas ini selesai di bangun, tentunya nanti bisa dimanfaatkan pedagang berjualan makanan dan minuman khas daerah rohil, kaum milineal dan pecinta seni bisa menampilkan bakat seni setiap hari sabtu dan minggu serta anak-anak bisa bermain bebek dayung.

" Dengan dibangunnya beberapa Fasilitas diHutan kota tersebut, tentunya akan semakin ramai masyarakat yang berkunjung. sehingga diharapkan bisa meningkatkan retribusi pendapatan daerah yang besarannya disesuaikan dengan perda dan peraturan yang ada," Ujarnya.

Namun Disamping itu, Suwandi juga meminta kepada kepada pengunjung yang berada di taman hutan kota, untuk menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan juga tidak merusak fasilitas yang ada di taman hutan kota.