Budaya

SD dan SMP di Siak Mulai Belajar Tatap Muka

SIAK, RIAULINK.COM - Sejumlah sekolah tingkat SD dan SMP di Kabupaten Siak mulai gelar pembelajaran tatap muka hari ini, Senin (4/1/2021). Sistem belajar diperbolehkan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat di sekolah-sekolah itu. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak, Lukman mengatakan hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta ikut sistem pembelajaran tatap muka bagi sekolah yang memenuhi daftar periksa. 

"Sekolah yang ikut PTM hari ini mulainya. Tadi SD dan SMP di Kecamatan Tualang Bupati Siak langsung yang monitoring prosesnya," kata Lukman. 

Berdasarkan data dari Disdikbud, Lukman menjelaskan tercatat ada 88 dari 110 SMP yang sudah siap melaksanakan PTM, untuk SD ada 183 dari 230 sekolah. Artinya, ada 22 SMP dan 47 SD yang belum memenuhi syarat dan belum mengisi item daftar periksa.

"Bagi yang sudah melaksanakan PTM, pihak sekolah wajib memberlakukan protokol kesehatan secara ketat," imbaunya. 

Sebelum masuk sekolah, setiap siswa diperiksa suhu tubuh, jika kedapatan ada suhu tubuh di atas 37,3 derajat celsius maka pihak sekolah secepatnya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan supaya dilakukan rapid test.

Cuci tangan dan memakai masker juga wajib dilakukan setiap siswa. Selain pemberlakukan protokol kesehatan yang ketat, dalam proses belajar mengajar secara tatap muka ini juga didasari surat pernyataan yang ditandatangani setiap orang tua siswa. (Wahyu)