Metropolis

Samakan Konsep dan Pemahaman, BPS Inhil Gelar Pelatihan Petugas Survei Harga Konsumen 2019

INHIL, RIAULINK.COM - Dalam rangka penghitungan diagram timbang SBH 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) laksanakan pelatihan petugas survei harga konsumen 2019 di salah satu hotel Tembilahan, Rabu (11/12/2019).

Pelatihan selama tersebut dilaksanakan selama dua hari ini dan di mulai 11-12 Desember 2019 serta di ikuti oleh Puluhan peserta yang terdiri dari pegawai dan mitra BPS Kabupaten Indragiri Hilir dan kegiatan ini juga di hadiri Kasi Statistik Harga Konsumen dan Harga Perdagangan Besar BPS Provinsi Riau Syaifuddin, SST.

Kepala BPS Inhil Ajid Hajiji mengatakan kegiatan ini sendiri  untuk menyamakan konsep dan pemahaman mendalam mengenai Survei Harga Konsumen terutama permasalahan IHK di Tembilahan.

"Ini penting mengingat Tembilahan merupakan Kota IHK yg setiap bulan merelease angka Inflasi, sehingga setiap pegawai diharapkan memahami bagaimana angka inflasi terbentuk melalui pencacahan harga secara rutin," ujar Ajid

Ajid menambahkan Survei Harga Konsumen sendiri merupakan salah satu survei rutin BPS Kabupaten Inhil yang pelaksanaannya mingguan, dua mingguan, dan bulanan. 

"Hasil dari survei ini adalah data perubahan harga yg akan diolah menjadi angka inflasi," ujar Ajid

selain itu juga ajid mengatakan  untuk awal tahun 2020 nanti BPS Kabupaten Inhil melaksanakan kegiatan baru yaitu Survei Tarif Rumah Kontrakan dan Sewa, Pembantu Rumah Tangga, dan Baby Sitter (STRPBS)

"Di awal tahun 2020 BPS Kabupaten Inhil akan melaksanakan kegiatan baru berupa Survei Tarif Rumah Kontrakan dan Sewa, Pembantu Rumah Tangga, dan Baby Sitter (STRPBS). Dan semoga ini bisa berjalan lancar dan sukses," tutup Ajid.