Resep Salad Buah Segar untuk Berbuka Puasa

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Menyantap salad buah segar saat cuaca panas pasti enak. Apalagi kalau berbuka puasa dengan salad buah dingin yang baru dikeluarkan dari lemari es. Pasti rasanya bakal semakin nikmat, terutama kalau saladnya dibuat sendiri. Lalu bagaimana cara membuat salad buah yang mudah dan enak?

Sebenarnya salad buah termasuk makanan yang sangat mudah dibuat. Berikut ini kami akan menampilkan cara membuat salad buah enak. Anda bisa menggunakan buah-buahan yang ada di rumah. Padukan buah dengan tekstur renyah, manis, dan asam untuk memperkaya rasa. Pakai saus mayones yang legit dan gurih atau saus yogurt yang rasanya lebih ringan. Pastinya dua-duanya tetap creamy dan segar.

Salad buah ini juga bisa dijadikan ide usaha, lho. Kemas di dalam cup atau mangkuk kecil, kemudian jajakan sebagai takjil.

 

Cara Membuat Salad Buah Naga

Anda bisa membuat salad buah yang enak dengan campuran buah naga. Anda bisa membuatnya dengan buah naga merah, putih, atau kuning. Iris buah naga dalam potongan yang cukup besar agar tidak mudah hancur saat dicampur dengan saus. Pasalnya daging buah naga memang cukup lunak.

Resep Salad Buah Naga Ekonomis

Bahan (untuk 5 porsi):

  • 1 buah naga berukuran besar
  • 1 buah apel berukuran besar

Jelly cube:

  • 1 bungkus bubuk jeli instan rasa apa saja
  • 700 ml air
  • 200 gram gula pasir

Salad dressing:

  • 100 gram mayones rasa original
  • 5 sendok makan kental manis
  • 75 gram keju cheddar parut

Cara membuat salad buah naga:

  1. Campur serbuk jeli instan dengan air dan gula pasir di dalam panci. Masak di atas kompor sampai mendidih. Jika sudah mendidih, angkat dari kompor. Masukkan citric acid, kemudian aduk hingga rata dan busa di permukaan jeli hilang. Tuang di dalam wadah dan biarkan jeli mengeras.
  2. Keluarkan daging buah naga dari kulitnya, kemudian potong kotak-kotak.
  3. Belah dua apel dan buang bijinya. Setelah itu potong-potong bentuk dadu dan sisihkan.
  4. Selanjutnya kita akan membuat salad dressing. Campur mayones dan kental manis. Tambahkan sebagian keju parut, kemudian aduk rata.
  5. Tuang potongan buah ke dalam mangkuk atau wadah lainnya. Tuangi salad dressing, kemudian taburi dengan sisa keju parut.

Salad buah naga siap disajikan. Anda juga bisa menyimpannya di dalam lemari es terlebih dahulu agar bisa disantap dalam keadaan dingin nantinya.

Catatan: Sebagai pengganti buah melon, Anda juga bisa menggunakan blewah atau timun suri yang memiliki rasa dan tingkat kerenyahan sama.

 

Cara Membuat Salad Buah Yogurt

Sebagai pilihan salad dressing yang lebih sehat, Anda bisa menggunakan yogurt. Selain lebih sehat, salad dressing dari yogurt juga terasa lebih ringan dan segar. Gunakan greek yoghurt yang kekentalannya hampir sama dengan mayones.

Resep Salad Buah Yogurt

Bahan (untuk 5 porsi):

  • 1 buah kiwi
  • 1 buah apel berukuran besar
  • 5 buah stroberi ukuran besar
  • 5 buah anggur merah/hijau
  • buah jeruk kalengan secukupnya

Salad dressing:

  • 100 gram greek yoghurt plain
  • 5 sendok makan kental manis
  • 75 gram keju cheddar parut

Cara membuat salad buah yogurt:

  1. Keluarkan buah kiwi dari kulitnya, kemudian potong kotak-kotak dan sisihkan.
  2. Belah dua apel dan buang bijinya. Setelah itu potong-potong bentuk dadu dan sisihkan.
  3. Belah dua anggur merah/hijau, kemudian buang bijinya dan sisihkan.
  4. Buang tangkai stroberi, kemudian belah dua buahnya. Sisihkan terlebih dahulu.
  5. Selanjutnya kita akan membuat salad dressing. Campur greek yoghurt dan kental manis. Tambahkan sebagian keju parut, kemudian aduk rata.
  6. Tuang potongan buah kiwi, stroberi, apel, anggur merah/hijau, dan jeruk kalengan ke dalam mangkuk atau wadah lainnya. Tuangi salad dressing, kemudian taburi dengan sisa keju parut.

Demikian cara membuat salad buah yogurt. Salad siap disajikan segera atau disimpan di dalam lemari es telebih dahulu agar bisa disantap dalam keadaan dingin.
Itulah dua cara membuat salad buah segar yang enak dan mudah.

Selain buah-buah yang disebutkan di dalam resep, Anda juga bisa memakai jenis buah yang lain. Misalnya saja pir, semangka, mangga, nanas, atau blueberry. Sementara jeruk kalengan juga bisa diganti dengan leci kalengan.