Cara Alami Hilangkan Bekas Luka Pada Wajah

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Siapapun tentunya ingin memiliki kulit tubuh yang mulus tanpa adanya masalah apapun. Namun, faktanya keinginan tersebut terhambat karena adanya berbagai macam permasalahan, seperti adanya bekas luka lama yang sulit dihilangkan.

Bekas luka tersebut mungkin tidak akan ada artinya jika berada pada area tubuh yang tertutup. Namun, bagaimana jika bekas luka tersebut berada di area wajah? Tentunya selain membuat kulit tidak mulus, juga akan membuat tidak percaya diri dalam berpenampilan, bahkan penderitanya akan minder ketika bergaul di lingkungan masyarakat.

Bekas luka memang cukup sulit untuk dihilangkan meskipun sudah memanfaatkan banyak obat atau produk ampuh. Namun, diketahui ada beberapa bahan alami mampu membantu menghilangkan bekas luka di wajah. Sebagaimana, dilansir dari misskyra mengenai beberapa cara alami yang mudah untuk dipraktikkan seperti di bawah ini.

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki banyak manfaat yang mencakup sifat anti-inflamasi. Ini membantu mengurangi infeksi kulit dan mengobati psoriasis, dermatitis, eksim, serta jerawat. Ini juga menyembuhkan bekas luka dan seiring waktu kamu akan melihatnya memudar. Oleskan beberapa tetes minyak kelapa dingin di daerah yang terkena luka dan biarkan selama lima menit. Kemudian, cuci dengan bersih dari wajah kamu dengan menggunakan air dingin.

2. Madu

Madu mengandung sifat antibakteri dan antioksidan, yang membantu mengunci kelembapan dan mencegah kerusakan kulit lebih lanjut. Jika kamu memiliki kasus bekas jerawat yang buruk, inilah yang perlu kamu terapkan pada kulit sendiri. Sebelum kamu mengoleskan madu pada wajah kamu, letakkan handuk panas di atasnya terlebih dahulu untuk membuka pori-pori kamu. Perawatan ini secara teratur akan membantu merawat bekas luka dan membuat kulit kamu bercahaya. Selain itu, kita bisa menggunakan campuran madu dengan baking soda juga bisa digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan bekas jerawat.

3. Cuka apel 

Satu sendok teh cuka apel dan air dapat membuat keajaiban bagi kulit kamu. Ini membantu mengurangi munculnya bekas jerawat. Selain itu, juga mengandung zat astringen yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan kotoran. Seiring waktu itu akan mengembalikan kulit kamu. Oleskan perawatan pada kapas dan oleskan ke daerah yang terkena. Diamkan hanya selama 10 menit. Kamu hanya perlu menggunakannya sekali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya seperti ligmin dan asam amino sehingga mampu menumbuhkan kulit baru di bagian wajah. Berkat kandungan tersebut lidah buaya dapat dijadikan sebagai bahan alami cara menghilangkan bekas luka di wajah.

Cara menghilangkan bekas luka di wajah dengan lidah buaya adalah oleskan lendir atau gel lidah buaya pada bekas luka. Lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.