Budaya

KPU Meranti Mulai Rakit Kotak Suara Pemilu 2019, 5 Kotak Sudah Rusak

Pihak KPU Meranti melakukan Perakitan Kotak Suara Pemilu 2019 di Afifa Sport jalan Banglas. (Fhoto: Aldo/Riaulinkcom)

RIAULINK.COM, MERANTI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti telah melaksanakan tahapan perakitan kotak suara, yang berlangsung di Afifa Futsal Jalan Banglas Selatpanjang.

Kepada Media, Divisi SDM dan Permas KPU Kepulauan Meranti Yusli menyampaikan bahwa perakitan kotak suara yang dilakukan pihaknya sudah sejak Senin 25 Februari 2018.

Dimana ada sebanyak 3300 kotak suara yang dirakit untuk nantinya akan didistribusikan ke 655 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 9 (sembilan) Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Untuk merakit kotak suara Kita mengerahkan Sebanyak 15 orang dari tenaga kerja atau honorer yang ada di KPU Meranti. Target kita seminggu sudah siap," terang Yusli. 

Dikatakan Yusli, sampai saat ini KPU Kepulauan Meranti telah menemukan ada sebanyak 5 kota suara yang rusak dan tidak bisa dipergunakan.

"Kita temukan ada 5 yang rusak dan tidak bisa dipakai. Namun dari KPU Pusat dalam pengiriman waktu itu melebihkan sebanyak 20 kota suara dari jumlah yang ditetapkan," jelasnya.

"Kita juga sudah melaporkan ke pihak Bawaslu terkait kotak suara yang rusak dan tidak bisa dipakai," tambahnya.

Dikarenakan Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan daerah berkepulauan, dirinya menjelaskan akan menambahkan pengamanan ekstra saat melakukan pendistribusian kotak suara disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti nantinya.

"Kita tahu inikan bahan dasarnya kardus untuk itu kita lapisi dengan plastik, supaya tidak basah akibat terkena air saat pendistribusian. Ini saja yang sudah siap, langsung kita lapisi plastik biar tidak terkena air," ujarnya lagi," ujarnya.

Dari pantauan media dilapangan dijaga ketat oleh pihak kepolisian meranti sehingga tidak diperbolehkan masuk diruangan selain petugas KPU. (Aldo)