Sosial

Mahasiswa Kukerta UNRI Sukses Gelar Kegiatan 'Didikan Subuh' di Desa Tanjung Damai

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau (UNRI) sukses melakukan kegiatan didikan subuh yang dilaksanakan di Masjid Al-Falah Desa Tanjung Damai.

 Kegiatan didikan subuh merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat dalam mendidik anak-anak tentang ajaran agama Islam. Didikan subuh juga merupakan sebuah kegiatan pendidikan islam yang sangat penting sebagai media untuk membentuk karakter dan akhlak yang mulia bagi anak-anak.

 Anak-anak di Desa Tanjung sangat antusias terhadap kegiatan ini. Didikan subuh dilaksanankan di Hari Minggu pagi selama 3 minggu berturut-turut yang dimulai pada pukul 06.00-08.00 WIB.

Pada era digital saat ini, pengetahuan dasar islam pada anak-anak terbilang cukup minim. Hal ini dapat dilihat langsung dari kegiatan didikan subuh yang telah kami lakukan, bahwa sebagian besar anak-anak masih banyak yang belum mengetahui tentang pengetahuan dasar agama islam, seperti rukun islam, rukun iman, nama-nama malaikat dan tugasnya, doa-doa harian, serta surah-surah pendek dalam Al-Quran.

 Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberi pengetahuan dasar tentang agama islam kepada adik-adik di Desa Tanjung Damai. 

Dalam kegiatan didikan subuh, kami menyampaikan materi pembelajaran tentang pengetahuan dasar agama islam, seperti rukun islam, rukun iman, nama-nama malaikat dan tugasnya, doa-doa harian, serta surah-surah pendek dalam Al-Quran.

 Adapun materi tersebut kami sampaikan secara lisan kepada adik-adik dengan cara membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 8-10 orang. 

Di akhir pembelajaran kami menampilkan video-video islami seperti kisah nabi dan para sahabatnya kepada adik-adik menggunakan infocus.

Dari kegiatan didikan subuh inilah kami mengadakan festival dengan nama festival anak soleh/solehah. Festival anak soleh/solehan merupakan perlombaan yang kami adakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman adik-adik tentang pembelajaran didikan subuh yang telah di lakukan sebelumnya. 

Adapun cabang lomba yang ada di festival anak soleh/solehan yaitu, lomba azan, lomba doa pendek, lomba surah pendek, dan lomba cerdas cermat.

 Sebanyak 78 peserta yang mendaftarkan dirinya pada masing-masing cabang lomba. Adik-adik memilki antusias dan semangat yang tinggi untuk perlombaan ini. 

Dengan dilakukannya kegiatan didikan subuh ini sejalan dengan tema Program Kerja (PROKER) yang dipilih oleh mahasiswa KUKERTA UNRI yaitu tema literasi dengan program “Pembelajaran interaktif berbasis media”. 

dalam kegiatan ini yang menjadi peserta adalah Siswa/i SDN 20 Siak Kecil yang mana juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Masjid Al-Falah yaitu Mas Fahmi sebagai pembimbing dalam kegiatan ini.