Serambi islam

Jemaah Haji Riau Diimbau untuk Jaga Kesehatan Fisik

Ilustrasi.net

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kota Makkah Al-Mukarramah sudah mulai dipadati Jemaah haji dari berbagai Negara.  Masjidil Haram semakin padat terutama pada waktu pelaksanaan salat berjamaah. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyudin,  tidak bosan – bosannya selalu mengingatkan Jemaah haji Provinsi Riau untuk menjaga kesehatan terutama fisik.  jemaah haji juga agar menghindari terik siang hari langsung dan momen tingkat kepadatan tinggi di Masjidil Haram, utamanya bersamaan dengan waktu salat berjamaah.

“Cuaca saat ini di Kota Makkah antara 40 -43 derajat, ditambah lagi dengan mulai berdatangan Jemaah dari berbagai negara, sehingga membuat semakin padatnya disekitaran masjidil haram, saya selalu mengingatkan kepada Jemaah haji Riau untuk bersabar dan mengikuti arahan petugas kloter. Jaga kesehatan terutama fisik, hindari terik siang dan momen tingginya Jemaah berada di masjidil haram. Manfaatkan saja Mesjid atau mushalla yang ada disekitaran hotel,”ujarnya, Selasa (13/6/2023). 

Mahyudin juga meminta Jemaah haji yang berada di luaran agar membawa APD selama beraktifitas. 

“Jika tetap ingin beribadah di luar hotel, pastikan membawa APD dan jika ada keluhan silakan lapor segera ke petugas kesehatan yang ada,”harapnya. 

Bagi jemaah yang ingin melaksanakan Umrah wajib bisa dilaksanakan setelah sebagian besar jemaah subuh pulang dari Masjidil Haram sekitar jam 6 pagi. Cuacanya belum terlalu panas dan Masjidil Haram sudah tidak padat atau jamaah sudah pulang shalat isya dari Masjidil Haram kisaran waktunya pada jam 11 malam. 

Hingga hari ini sudah 12 kloter asal Riau memasuki kota Makkah Al mukarramah, Kloter BTH – 16 akan diberangkatkan menuju kota Makkah, selasa, 13 Juni 2023 setelah shalat subuh. 

Sementara itu terdapat satu orang Jemaah Riau BTH – 16 yang di rawat di RS Arab Saudi Atas nama Sumardi bin Adi suwarno asal Pulau kecil – reteh dan satu orang di RS Malik Fahd Madinah atas nama Awo binti buntal ismail dari BTH – 11.