Budaya

Bekerjasama dengan Disdukpencapil Inhil, IWO Fasilitasi Masayarakat Desa Urus Aminduk

INHIL, RIAULINK.COM -  Meski basic Organisasinya dibidang Jurnalistik, Ikatan Waratawan Online (IWO) Inhil tetap luangkan waktu untuk membantu masyarakat Desa yang mempunyai masalah dalam kepengurusan Data Kependudukan.

Hari Ini, Bertempat di Kantor Desa Kuala Sebatu, Kecamatan Batang Tuaka IWO Inhil bekerjasama dengan Disdukpencapil Inhil melaksanakan jemput bola dalam pembuatan dokumen kependudukan.

Ketua IWO Inhil Muridi Susandi yang diwakili Seketaris IWO Inhil Habibie menyebut bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat desa yang memiliki masalah dalam proses pengurusan dokumen kependudukan.

"Pada dasarnya IWO Inhil hanya menjembatani masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan. Apalagi sekarang kita sudah bisa memanfaatkan teknologi yang ada, Sebutnya, Senin (01/02/2021).

Sementara, Kadis Disdukpencapil Inhil Mizwar Efendi melalui Upt Kecamatan Batang Tuaka Asmawati menghimbau kepada masyarakat agar dapat segera mengurus data kependudukan agar kedepannya tidak menimbulkan suatu persoalan yang masyarakat tersebut menjadi sulit.

"Pada dasarnya, saat ini pembuatan dokumen kependudukan sudah sangat mudah yang penting berkas persyaratan lengkap. Karena Disdukpencapil juga sudah memiliki suatu trobosan yaitu Nasi Uduk dan Mak Wo," Ungkapnya.

Lanjutnya, Asmawati menjelaskan bahwa perlu adanya kerja sama dari Rt dan desa dalam melakukan pendataan terhadap warganya.

"Karena proses kepengurusan dokumen kependudukan ini tetap akan melalui dari Rt dan desa. maka dari itu sangat perlu namanya senergisitas," Jelasnya.

Sementara itu, Kades Kuala Sebatu Yanti mengungkapkan bahwa sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Iwo Inhil dan Disdukpencapil Inhil atas terlaksananya kegitan ini.

"Kita harus bersyukur karena pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancar. karena ini merupakan salah satu inisiatif saya dalam melaksanakan kegiatan jemput bola ini,"Ungkapnya.

Terakhir, Kades Kuala sebatu menyampaikan bahwa anggaran yang digunakan ini merupakan dana pribadi dan tidak mencampur adukan dengan anggaran dana desa dan lainnya.

"Maka dari itu saya berharap masyarakat agar dapat benar-benar manfaatkan peluang yang sudah ada dan jangan disia-siakan," tutupnya. (Jb)