Lifestyle

Kisah Supriyanto Warga Siak Kembalikan Uang yang Ia Temukan Melalui Sosmed

SIAK, RIAULINK.COM - Tak semua orang di dunia ini yang mengukur segalanya dengan uang. Kadang prinsip lebih mahal dari apapun.

Seperti kisah Supriyanto (30), warga Kampung Sengkemang Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak.

Lewat akun Facebooknya, ia mengunggah temuan dompet dan uang senilai 1,9 juta yang tercecer di jalanan. Unggahannya tersebut diposting pada Jumat (14/2/2020) dan dikomentari sebanyak 104 dan 564 kali dibagikan.

Hasil postingannya itu, Akun @Supri menuai banyak pujian dari netizen. Banyak netizen mendoakan Supri agar dilipatgandakan rezekinya.

Supri menemukan dompet dan uang itu sepulang ia bekerja sekitar pukul 10:20 siang bersama temannya Susilawati. Setelah sampai di kediamannya, ia langsung mengunggah temuannya itu lewat FB untuk mencari pemilik barang tersebut.

"Ketika kami pulang kerja, kami menemukan dompet dan uang sebanyak 1.900.000 tercecer di jalan lintas Siak - Koto Gasib (Jalan Pemda). Awalnya yang lihat Susi tapi ia menyuruh saya untuk mengurus temuan itu. Akhirnya saya pungut dan bawa ke rumah," Kata Supri saat dikonfirmasi.

Sesampai di rumahnya, Supri memberitahukan kepada istrinya atas temuannya tersebut, kemudian sang istri mendukung untuk mengembalikan barang itu kepada pemiliknya.

"Alhamdulillah istri mendukung saya untuk mengembalikan dompet itu kepada yang berhak," Ujarnya.

Supri sehari-hari bekerja sebagai seorang buruh pelabuhan di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) sejak tahun 2009.

Penghasilan Supri per bulan hanya sebesar 1,8 juta. Dari situ ia menghidupi dua orang anaknya. Anak pertama Supri sudah duduk di kelas 2 SD.

Meski hidup sederhana, tak membuat ia tamak akan uang, apalagi ia baru saja menemukan uang yang ia temukan dengan jumlah yang melebihi gajinya.

"Tak ada niat untuk mengambil sepeser pun bg, sudah menjadi prinsip dan ajaran orang tua. Saya juga berpikir, kalau mengambil barang yang bukan hak kita nanti akan ada balasannya berlipat-lipat kerugian yang datang," Sebutnya kepada Riaulink.com.

Berselang beberapa jam, tambahnya, berkat bantuan netizen ia menemukan pemilik dari dompet dan uang serta isinya itu.

"Setelah Jumatan, sekitar jam 2:00an saya menemukan orang yang punya dompet itu. Kemudian saya suruh datang ke rumah. Awalnya dia ajak bertemu di jalan tempat dompetnya terjatuh, tapi saya takut saya di tipu atau di hipnotis, makanya saya sepakati untuk jemput ke rumah saya," Ungkapnya.

Berdasarkan data KTP dari dompet tersebut, pemilik merupakan warga Bengkalis bernama Muridan.

"Ketika bapak itu sampai ke rumah saya, iya bersyukur dan berterimakasih kepada saya. Saya lalu mencocokkan bapak itu dengan foto KTPnya dan bertanya jumlah uang yang ada di dompetnya. Setelah saya pastikan dompet dan uang itu miliknya, saya langsung kembalikan dompet, KTP-El, ATM dan STNK serta uangnya," Cakapnya.

Supri merasa senang sudah membantu orang yang sedang kesusahan, tepat di hari Jumat yang penuh keberkahan.

Dari postingannya tersebut, netizen banyak mendoakan dan memuji kebaikan hati dan prinsip dari Supri. Seperti komentar FB dibawah ini.

"Masih ada ya ternyata orang kayak om Supri ini,keren bro,selamatlah dunia dan akhiratmu kelak ????????????" Tulis @Af Fernando.

"Payah caghi org mcm ni.. Semoga allah selalu memncurahkan rezeki kepada beliau yg jujur.. Aaminn," Tulis @Jayu Triawan.

"Jujur tidak akan merugikan kita....
Semngat kawan....
Pasti rejekimu akan lbih berlipat ganda d kemudian hari atas kejujuranmu aminn...," Dan komentar dari @Goo Ahmad Rianto. (Wahyu)