Riau

3.915 Warganya Belum Punya KTP- el, Disdukcapil Rohul Jemput Bola

Ilustrasi perekaman KTP-el

RIAULINK.com - Sebanyak 3.915 masyarakat di Rokan Hulu belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) masih memberikan kesempatan yang belum melakukan perekeman K, untuk melakukan perekaman hingga 31 Desember 2018 mendatang.

Kepala Disdukcapil Rohul Syaiful Bahri melalui Sekretaris Disdukcapil Rohul, Khairul Akmal mengungkapkan 3.915 masyarakat tersebut tersebar di 16 kecamatan.

Ditambahkannya, dari 374.671 wajib KTP di Kabupaten Rohul, saat ini yang telah ‎melakukan perekaman KTP-el sudah mencapai 370.756 orang atau 98,96 persen. 

Ia menjelaskan, pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin, agar seluruh wajib KTP di Kabupaten Rohul bisa melakukan perekaman KTP-el. 

Agar perekaman bisa dilakukan maksimal pihaknya melakukan jemput bola ke desa dan kelurahan yang ada di 16 kecamatan. Begitu juga ke SLTA di Rohul, untuk melakukan perekaman KTP-EL secara offline.

"Pada Februari 2018 hingga akhir tahun 2018, Disdukcapil  Rohul telah turun ke lapangan melakukan perekaman  KTP-el secara offline kepada masyarakat," katanya, Jumat (30/11/2018).

Menurutnya, Dusdukcapil Rohul lakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan kelurahan di Rohul di lapangan, untuk melakukan perekaman KTP-el kepada masyarakat yang belum perekaman.

"Saat ini Disdukcapil Rohul juga turun ke sekolah- sekolah, melakukan perekaman KTP-el kepada siswa SLTA yang akan menamatkan pendidikan tahun depan," sebutnya.

Khairul menjelaskan, untuk mencapai target 100 persen kepada seluruh wajib KTP di kabupaten Rohul untuk melakukan perekaman KTP-el, tidak bisa tercapai. Karena setiap hari umur dari masyarakat bertambah khususnya siswa SLTA.

"Perekaman KTP-el yang dilakukan Disdukcapil Rohul dengan turun langsung ke lapangan, sebagai bentuk pelayanan administrasi kependudukan, agar wajib KTP di Rohul telah perekaman KTP-el," tuturnya.

Diakuinya, untuk blangko fisik KTP-el dan ribbon hingga akhir tahun 2018 masih mencukupi. Dimana bila stok habis, Disdukcapil Rohul akan menjemput ke Pusat.

"Kita jemput bola dengan turun kelapangan melakukan perekaman KTP-el secara off line, khususnya bagi masyarakat desa dan Kelurahan di Rohul yang belum melakukan perekaman KTP-el hingga menjelang akhir Desember 2018," pungkasnya.