Lingkungan

Dua Desa di Bengkalis Terendam Banjir

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Aktifitas warga di Desa Bandar Jaya Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis lumpuh akibat jalan poros yang ada di daerah tersebut terendam banjir dan air mencapai ketinggian 20 centimeter menggenangi sejumlah rumah warga setempat.

"Ada sekitar tiga rumah warga dan tiga fasilitas umum tergenang air. Memang belum ada evakuasi dari masyarakat, namun kondisinya saat ini bersiaga,” kata Kepala Desa Bandar Jaya, Suyanto seperti dilansir dari Antara.

Suyanto juga menerangkan banjir ini disebabkan air sungai pasang tinggi, terutama di wilayah Sungai Linau yang kondisinya hampir sama ditambah curah hujan yang sangat tinggi terjadi dalam beberapa hari ini.

“Kita masih terus berjaga dan menginformasikan segala perkembangan ke camat dan pemerintah daerah, sebab sudah ada tiga rumah yang airnya sudah masuk sampai ke lantai rumah. Dua dusun itu dihuni sekitar 20 kepala keluarga, yang hari ini terus berjaga-jaga, kalau aktifitas memang hari ini lumpuh total,” katanya.

Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi mengatakan banjir yang terjadi di Desa Bandar Jaya disebabkan air sungai meluap akibat hujan yang turun selama tiga hari dan air pasang. Setidaknya ada tiga rumah dan fasilitas pendidikan seperti SDN 021, MDA Al Hadanah tergenang air.

“Satu dusun yakni Bandar Sari masih tergenang air dengan puncak ketinggian 30 centimeter, namun anak-anak di sana masih tetap bersekolah,” tutupnya

Menurutnya lagi, saat ini melalui kerja tim juga dilakukan upaya pencucian kanal serta parit yang mengarah ke Sungai Siak Kecil dengan menggunakan alat berat. Alat berat yang didatangkan dari perusahaan PT. SSS.

“Kita imbau kepada masyarakat agar mengawasi anak-anak untuk tidak mandi atau berenang di lokasi banjir,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis H. Tajul Mudarris mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan memantau kondisi di Kecamatan Siak Kecil.

“Ya, tadi Pak Camat siak kecil sudah mengabarkan ke kita. Kondisi ini terus kita monitor, jika memungkinkan besok kita turunkan tim BPBD ke lokasi, guna melihat kondisi dari dekat, musibah banjir musiman yang terjadi di Desa Bandar Jaya,” ujarnya sembari mengatakan sejauh ini belum ada evakuasi dari masyarakat disana dan masih dalam kondisi aman.