Riau

Wabup Said Hasyim Pimpin IPHI Meranti Masa Bakti 2018-2023

Pelantikan pengurus IPHI Meranti dilakukan langsung oleh Ketua IPHI Provinsi Riau H Asyari Nur di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Rabu (21/11/2018) malam.

RIAULINK.com - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Said Hasyim terpilih menjadi Ketua Harian Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Kepulauan Meranti masa bakti 2018-2023. Pelantikan ketua dan pengurus IPHI Meranti dilakukan langsung oleh Ketua IPHI Provinsi Riau H Asyari Nur di Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Rabu (21/11/2018) malam.

Pelantikan pengurus IPHI Kepulauan Meranti ini dikemas dengan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H.

Hadir dalam pelantikan pengurus IPHI dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, H Jalaluddin, H Syamsurizal, Ustaz Fachri, Hj Syamsidar Said Hasyim, Ketua DPRD Meranti H Fauzy Hasan, Asisten III Setda Meranti Rosdaner, Kepala Kemenag Meranti H Darwison, Wakapolres Meranti, para pengurus haji Meranti dan lainnya.

Pelantikan pengurus IPHI Meranti sesuai SK Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Provinsi Riau, No. 02/KKN/X/2018 Tentang Komposisi Personalia IPHI Kepulauan Meranti Masa Bakti 2018-2023. Dalam SK ini ditetapkan sebagai Penasehat IPHI Meranti Bupati Kepulauan Meranti H Irwan, Pembina H Rosdaner, Ketua Harian H Said Hasyim, Sekretaris H Idham. 

Usai melantik Pengurus IPHI Meranti, Ketua IPHI Riau Asyari Nur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Wakil Bupati dan pengurus lainnya yang bersedia ditunjuk menjadi Ketua IPHI Meranti. Diharapkan dengan terbentuknya IPHI d Kepulauan Meranti mampu mendukung terciptanya kerukunan hidup beragama di Indonesia, khususnya Kepulauan Meranti, dan dapat melaksanakan hasil keputusan muktamar IPHI Pusat dan Provinsi Riau.

"Semoga IPHI Meranti mampu mewujudkan kerukunan hidup beragama di Kepulauan Meranti," harap Asyari Nur.

Sementara itu, Ketua Harian IPHI Meranti H Said Hasyim dalam sambutanya akan berupaya memajukan IPHI Meranti salah satunya dengan cara mengajak masyarakat untuk ramai-ramai naik haji. 

"Kita akan dorong dan bimbing masyarakat agar memiliki kesadaran untuk naik haji," aku Said Hasyim.

Menyikapi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H, dikatakan Wakil Bupati, perlu disambut dengan gembira karena kehadiran Rasulullah telah membawa rahmat bagi semesta alam, membawa manusia dari alam kegelapan menuju ke alam yang terang menderang seperti saat ini. 

"Dan sudah sepantasnya umat Islam menyambut istimewa kelahiran Nabi Muhammad SAW. Saya harapkan ke depan momentum ini dilaksanakan lebih semarak lagi," ucapnya.

Selanjutnya pencerahan sempena peringatan Maulid Nabi Muhammad oleh Ustaz Muhammad Fachri, yang memaparkan pentingnya menghayati kisah hidup Nabi Muhammad Rasulullan SAW.

Dikatakannya Nabi Muhammad adalah manusia yang berasal dari keturunan yang baik yang menikah dengan Khadijah keturunan yang baik, dan melahirkan anak keturunan yang baik Fatimah.

Untuk itu jika umat muslim menginginkan keturunan yang baik yang berbakti pada kedua orang tua bangsa dan negara hendaknya diawali dengan menjadi orang tua yang baik. 

"Bagaimana mungkin orang tua menginginkan anak menjadi ahli baca Alquran jika orang tua tidak bisa membaca Alquran," ujar Ustaz Fachri mencontohkan.

Lebih jaun dikatakan Ustadz Fachri Rasulullah diutus kedunia untuk menyempurnakan akhlak manusia, untuk itu umat muslim diminta untuk meneladani akhlak Rasulullan Muhammad SAW sebagai seorang anak, ayah, dan kakek. Agar negeri ini mendapat berkah oleh Allah.

"Rasul memiliki akhlak yang paling mulia," ucapnya.

Umat muslim menurut Ustaz Fachri harus berprasangka baik terhadap orang lain, jangan jelek menjelekan, jangan saling jatuh menjatuhkan, iri dengki dan bermusuhan.

"Setiap anak cucu adam selain Rasulullah pasti ada salah dan khilaf, untuk itu berbuat baiklah kepada semua orang," ucapnya.