Riau

Polres Rohul Kawal Ketat Proses Pengesetan dan Pengepakan Surat Suara

ROHUL, RIAULINK.COM - Proses pengesetan dan pengepakan surat suara ke dalam kotak suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) terus berlangsung. 

Pada hari ini, Selasa (23/1/2024), sebanyak 8.820 kotak suara yang diset, sedangkan jumlah surat suara yang dilakukan pengepakan 202.305.

Proses pengesetan dan pengepakan surat suara ini diawasi ketat oleh petugas kepolisian dari Polres Rohul dan Bawaslu Rohul. 

Wakapolres Rohul Kompol Rahmat Hidayat mengatakan, pengawasan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan, seperti pencoblosan surat suara oleh petugas pelipat maupun kerusakan surat suara.

"Dalam proses pelipatan hingga pemasukkan surat suara ke kotak suara pelaksanaannya selalu diawasi oleh Bawaslu dan dikawal ketat oleh petugas pengamanan dari Polres Rokan Hulu," kata Rahmat.

"Sebelum memulai pekerjaan, petugas pelipat terlebih dahulu dilakukan penggeledahan badan oleh petugas keamanan. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada surat suara yang rusak atau tidak sah," sambungnya.

Pekerjaan pengepakan dan pengesetan surat suara ini dimulai sejak tanggal 22 Januari 2024 dan ditargetkan selesai pada tanggal 11 Februari 2024. 

Hingga saat ini, surat suara yang rusak telah dilaporkan oleh KPU Rohul ke penyedia melalui aplikasi. 

Objek surat suara yang rusak tersebut akan disimpan dan dimusnahkan bersama dengan kelebihan kotak suara.

Komisioner KPU Rohul mengatakan, pengesetan dan pengepakan surat suara ini dilakukan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. Surat suara yang telah dikemas akan disimpan di gudang logistik KPU Rohul hingga hari pemungutan suara.

"Proses pengesetan dan pengepakan surat suara ini sudah sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan. Surat suara yang telah dikemas akan disimpan di gudang logistik KPU Rohul," kata Komisioner KPU Rohul.