Riau

Kejari Siak Bersama UMKM Suwai Ikuti PERSAJA Creative Expo dan Charity Concert 2023

SIAK, RIAULINK.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak ikut berpartisipasi dalam "PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert" yang diadakan pada 1 Juli 2023 di The Kasablanka Hall mendatang.

Keikutsertaan Kejari Siak dalam acara tersebut bertujuan untuk mendukung rangkaian Hari Ulang Tahun Persatuan Jaksa Republik Indonesia (PERSAJA) yang ke 72 pada tahun 2023.

Kepala Kejaksaan Negeri Siak Tri Anggoro Mukti ,SH..M.Krim melalui Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Siak Rawatan Manik, SH.MH mengatakan, dalam kegiatan Akbar itu, Kejari siap memfasilitasi dan mendorong UMKM lokal untuk turut handil mempromosikan produk-produk andalannya.

"UMKM dari Siak yang ikut dalam kegiatan PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert itu yakni Suwai, salah satu UMKM dari Kabupaten berjuluk Negeri Istana yang mengusung konsep bisnis socio-preneurship' agar memberikan dampak positif bagi kondisi sosial, ekonomi dan budaya di kabupaten Siak, Riau," terangnya, Selasa (30/05/2023).

Lanjutnya menjelaskan, UMKM Suwai ini berdiri sejak tahun 2021 lalu. Nama Suwai itu berasal dari bahasa Melayu "Suai" yang artinya cocok, benar, betul.

Makna 'suwai' diartikan setiap yang menggunakan produk suwai 'cocok' bagi setiap pengguna dan benar bahwa produk-produk Suwai berasal dari alam dan tradisi serta budaya masyarakat Melayu.

"Suwai ini berdiri karena adanya potensi sumber daya alam berupa daun pandan dan sumber daya manusia yang tinggal di sekitar lingkungan domisili pendiri Suwai dan keinginan untuk mengembangkan potensi dan budaya Siak. Selain itu pendiri Suwai juga ingin mendorong regenerasi pengrajin dari kalangan generasi muda sekaligus membantu perekonomian para pengrajin yang mengalami kesulitan pada masa awal pandemi COVID-19," terangnya.

Pimpinan Korps Adhyaksa wilayah Kabupaten Siak itu juga mengatakan, Suwai juga menawarkan produk-produk yang berguna dipakai di rumah konsumen seperti Betangkai Basket, Renjana Basket, Juwita Set, Nirmala Set dan lainnya.

"Bertangkai Basket ini dari daun pandan dan pelepah nipah yang bisa dijadikan tempat buah atau tempat hantaran perlengkapan ibadah proses lamaran, kalau Renjana Basket itu merupakan tempat buah yang memiliki arti rindu seperti rasa rindu seorang anak untuk pulang ke rumah," jelasnya.

"Kemudian ada juga produk Juwita set yang merupakan tempat kue lengkap dengan penutupnya dengan menggunakan teknik rajut pandan 4 tingkat serta pelepah nipah. Produk ini dapat digunakan untuk berbagai macam makanan sekaligus menambah keindahan meja makan dan Nirmala Set yaitu perlengkapan makan yang terdiri dari alas piring bulat, alas gelas dengan teknik rajut daun pandan dan versi lain dari teknik anyam dan sentuhan jahit kuku belalang," paparnya.

Selain Suwai, PERSAJA Expo juga diikuti UMKM dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Njonjah Poenja, Killo Alta, Exodos57, Rabbit and Wheels, Kaywood, RSV Helmet, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan RI, Khansa Leather, Lasamba dan UMKM Lainnya.

Charity Concert ini nantinya akan dimeriahkan oleh Kahitna, GIGI, stand up komedi dari Mongolsters, GJLS, Rigen, Rispo, Hifdzi dan Celine Evangelista.

"PERSAJA Creative UMKM Expo dan Charity Concert merupakan bentuk dukungan program percepatan pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional pasca pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) serta menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terkait penyelenggaraan berbagai kegiatan seni budaya seperti konser musik yang akan berdampak positif dalam perekonomian nasional," tutupnya.