Riau

Pengurus IPHI Kabupaten Siak Resmi Dikukuhkan

SIAK, RIAULINK.COM - Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Siak masa khidmad 2023-2027 resmi dikukuhkan oleh ketua PD IPHI Provinsi Riau Asyari Noor di Pelataran Kantor Bupati Siak, Lantai II Kamis (02/03/2023). 

Acara pengukuhan pengurus IPHI kabupaten Siak ini juga merupakan rangkaian peringatan Isra’ Mi’kraj Nabi Muhammad SAW 1444 H / 2023 Pemerintah Kabupaten Siak.

Pada kesempatan itu, Bupati Siak Alfedri turut dilantik menjadi ketua PD IPHI kabupaten Siak periode 2023-2027. Acara itu di hadiri, pengurus PD IPHI Provinsi Riau, Forkopimda kabupaten Siak, Kepala Kemenag kabupaten Siak, Ketua Baznas Siak, para Asisten, Kepala bagian, Pimpinan OPD dan ASN di lingkungan Kabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri sekaligus ketua Pengurus Daerah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Siak menyampaikan rasa terimakasihnya, atas pengukuhan IPHI kabupaten Siak.

“Kami atas nama Pemerintah kabupaten Siak mengucapkan selamat datang kepada ketua PB IPHI. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan amanah dengan baik. IPHI ini di bentuk sebagai wadah silaturahmi para haji yang ada di kabupaten Siak dengan harapan para haji ini menjadi haji yang mabrur,” ungkapnya.

Alfedri pun berharap kepada pengurus yang di kukuhkan bersama-sama mengemban amanah ini dengan baik. Sesuai dengan ikrar yang di ucapkan bersama-sama.

“Ada 10 ribu haji dan hajah di kabupaten Siak ini, tersebar di 14 kecamatan. Tentu kedepan bagaimana kita melakukan pendataan ulang haji dan hajah di kabupaten Siak, kita juga akan menjalankan program, baik program IPHI nasional maupun provinsi. Saya berharap melalui wadah ini, siar agama dan membangun solidaritas umat di masa mendatang,” sebutnya.

Lanjutnya menyampaikan, dari sisi pembinaan keagamaan, terutama bidang pendidikan Pemkab Siak bersama Kemenag Siak, dan juga MUI Kabupaten Siak Saat ini terdapat 46 pondok pesantren yang tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Siak, 

"Alhamdulillah, susah ada 46 pondok pesantren di Kabupaten Siak ini, semoga minat orang tua untuk memasukan anaknya ke pondok pesantren untuk mendalami ilmu agama dapat terus meningkat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua PD IPHI Provinsi Riau Asyari Noor mengatakan Bupati Alfedri yang pernah menjadi ketua Baznas, Badan Wakaf tentu sudah tahu bagaimana menggerakkan potensi haji, baik lewat bidang sosial, keagamaan dan pemberdayaan pertaniannya.

“Saya mengucapkan terimakasih, dan bersyukur karena pembangunan keagamaan di Siak ini sudah jelas. Buktinya salah satu daerah yang memiliki asrama haji sendiri hanya Siak ini,” sebutnya.

Ia pun berharap kepada pengurus IPHI Kabupaten Siak agar dapat berperan memberikan pembinaan, bimbingan, penyuluhan dan penerangan kepada masyarakat yang akan dan telah menunaikan ibadah haji.

“IPHI diharapkan dapat menjadi penyambung lidah tentang program Pemerintah Daerah. IPHI berisi orang-orang yang sudah melaksanakan ibadah haji. Oleh karena itu diharapkan menjadi suri tauladan yang baik dalam kehidupan bermasyarakat,” tutupnya.