Riau

Bupati Amril: Bekerjalah dengan Prinsip, Benar Hukumnya Betul Caranya

Bupati Bengkalis Amril Mukminin melantik enam Kepala Desa (Kades) di halaman kantor Camat Pinggir.

RIAULINK.com - Bupati Bengkalis Amril Mukminin melantik enam Kepala Desa (Kades) di tiga kecamatan hasil Pilkades Serentak yang diselenggarakan belum lama ini, Kamis (20/12/2018).

Kades dilantik yakni dari Kecamatan Bathin Solapan, Amirudin sebagai Kades Bumbung, Agushar Kades Balai Makam. Selanjutnya Kecamatan Pinggir, Akhyar Mukmin sebagai Kades Muara Basung.

Kemudian tiga kades dari Kecamatan Talang Muandau, yakni Hariansyah sebagai Kades Melibur, Izandri Kades Kuala Penaso dan Erwin Siahan Kades Serai Timur.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mengatakan dalam menjalan pemerintahan desa, seorang Kades sebagai orang yang didahulukan selangkah dan ditinggikan seranting harus transparan dalam pengelolaan dana desa, ikuti  aturan, maka aturan akan menjagamu.

“Bekerjalah dengan prinsip baik tujuannya, benar hukumnya, betul caranya. Semoga kades yang baru dapat mengemban amanah dengan baik serta menyelenggarakan pemerintahan yang lancar sesuai peraturan,” ujar mantan Kades Muara Basung ini.

Bupati juga menekankan dalam penggunaan keuangan desa perlu diarahkan untuk mendukung pengentasan desa tertinggal demi terwujudnya kemandirian desa. Untuk itu, setiap rupiah dari dana desa, harus diupayakan untuk dioptimalkan pada program dan kegiatan yang produktif, sehingga mampu memberikan output dan outcome yang berkelanjutan.

Perlu diingat, kata Amril, agar pengelolaan dana desa semakin akuntabel, maka diperlukan mekanisme pengawasan. Semua pihak dapat terlibat dalam mekanisme pengawasan tersebut, yaitu masyarakat desa, camat, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Aparat Pengawas Intern Pemerintah dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga telah melakukan pengawasan pengelolaan dana desa

Untuk itu, Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengajak seluruh kepala desa (kades), terlebih-lebih yang baru saja dilantik untuk menjadi pemimpin layaknya matahari, artinya sebagai pemimpin yang dipercaya masyarakat.

“Jadilah seperti matahari. Planet-planet pengikutnya bergerak bersama dalam irama yang harmoni. Analogi ini mengajarkan kita bahwa sebuah tim akan menjadi tim yang harmonis dan bergerak bersama kalau ada pemimpin yang kompeten dan bisa diteladani,” pungkasnya. 

Hadir pada kegiatan pelantikan, anggota DPRD Bengkalis Ibra Teguh dan Pipit Lestari, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto, Danramil Mandau Kapten Inf Y Mendrofa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yuhelmi dan sejumlah kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Turut hadir juga Camat Pinggir Toharudin, Camat Talang Muandua Ruslan dan Plt Camat  Bathin Solapan Azwar.

[Foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Ketua Baznas Ali Ambar memberikan santunan kaum dhuafa dan anak yatim digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis]

Serahkan Bantuan

Usai melantik dan pengambilan sumpah jabatan Kepala Desa se-Kecamatan Pinggir, Talang Mandau dan Bathin Solapan, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, menyalurkan bantuan 3 mobil ambulance, santunan anak yatim dan kaum dhuafa, beasiswa dan alat permainan edukatif, perlengkapan sekolah dan buku pelajaran bagi komunitas adat terpencil yang berada di Kecamatan Mandau dan Pinggir. 

Untuk ambulance, ditujukan untuk klinik Polres Bengkalis, UPT Puskesmas Pematang Duku, dan Pustu Harapan Baru Desa Bathin Berubah UPT Puskesmas Duri Kecamatan Mandau.

Sementara untuk santunan kaum dhuafa dan anak yatim, digelar oleh Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bengkalis dimana santunan tersebut diserahkan kepada 102 penerima.

Pada kesempatan itu, Kepala Daerah Bengkalis berharap program sosial ini dapat mempererat persaudaraan, melahirkan solidaritas kehidupan masyarakat, serta membangun kemandirian fakir miskin dan anak yatim.

"Kami berharap, penyerahan bantuan ini dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. Serta untuk beasiswa dan bantuan alat tulis dapat memotivasi para pelajar untuk lebih giat dan meraih prestasi yang lebih baik kedepannya," tutur Amril Mukminin.