Lingkungan

Rumah Warga di Siak Kebanjiran Usai Diguyur Hujan Lebat Tadi Malam

Kondisi rumah warga yang terendam banjir .

RIAULINK.com - Hujan deras mengguyur kota Siak, Rabu (5/2018) malam. Akibatnya, banyak rumah warga yang tergenang air. Dari pantauan, setidaknya ditemukan beberapa titik banjir yang melanda Kota Siak.

Seperti yang terlihat di Kampung Benteng Hulu, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak. "Tadi malam sekitar pukul 22.30 WIB hujan sampai subuh. Lalu jam 6 pagi hujan lagi sampai jam 8.00 WIB, rumah kami dah tergenang air," kata Anto, salah satu warga, Kamis (06/12/18).

Menurutnya, tidak lancarnya aliran air juga menjadi salah satu penyebab kampungnya banjir. "Aliran air yang tak lancar juga faktor penyebab banjir disini. Karena banyak parit yang semakin dangkal, bersihnya hanya rumput pinggir parit itu aja," terangnya.

Banjir tidak hanya dialami oleh Warga Kampung Benteng Hulu. Hal yang sama juga dirasakan oleh warga Kelurahan Kampung Rempak, Kecamatan Siak, tepatnya di Jalan Hang Tuah, RT 03 RW 03. Beberapa rumah yang ada di wilayah itu juga terendam air. Tingginya hingga sebetis orang dewasa.

Hujan dengan intensitas tinggi ini, membuat warga mengalihkan perlengkapan rumah mereka agar tidak terendam air.

Endang, salah orang warga Kampung Rempak mengatakan, banjir akibat hujan deras sudah merendam rumahnya. "Setiap bulan 12 pasti di daerah ini banjir, karena musim hujan. Hari ini banjir sudah masuk ke dalam rumah kami," kata Endang.

Senada dengan Anto, ia juga menilai selain curah hujan yang deras banjir juga diakibatkan oleh tidak lancarnya saluran air. Seperti air di parit di belakang asrama haji terlihat kurang lancar.

"Kalau diturunkan alat berat, selesai tu dah," cakap Endang.

Hal senada juga dikatakan warga warga Kelurahan Kampung Rempak, Johan. "Kita sudah melapor ke RT agar banjir ini bisa dicari solusinya," jelas Johan.