Politik

Prabowo Janji Libatkan Rakyat dalam Pembangunan Infrastruktur

Foto: Rengga Sancaya

RIAULINK.COM - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji akan melibatkan masyarakat dalam membangun infrastruktur. Menurut dia, mayarakat merupakan salah satu komponen penting yang tak boleh dilupakan.

"Saya kira ini adalah esensi pendekatan kita, bahwa infrastruktur harus untuk rakyat. Maka, dalam perencanaan penting untuk mengikutsertakan masyarakat yang akan terkena dampak," kata Prabowo dalam debat capres kedua, di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Selain itu, Prabowo juga menitikberatkan soal dampak ekonomi dan lingkungan hidup dan sosial terhadap masyarakat. Ia mengatakan pembangunan infrastruktur jangan sampai membebankan masyarakat. 

"Kita harus tetap menghitung keekonomian dan dampak lingkungan hidup dan sosial dari pembangunan infrastruktur tersebut. Karena itu, saya melihat masalah cost of money atau biaya uang yang untuk kita bangun, saya lihat kita banyak utang untuk bangun infrastruktur. Ini akan berdampak pada efisiensi infrastruktur tersebut," ujarnya.

Tak hanya menyinggung soal utang untuk pembangunan infrastruktur, Prabowo juga menyoroti soal ganti rugi untuk masyarakat yang terkena dampak pembangunan infrastruktur. Prabowo ingin pembangunan infrastruktur memberikan nilai tambah ekonomi bagi RI.

"Bagaimanapun kita harus mencandangkan biaya ganti rugi untuk masyarakat yang tanahnya diambil atau memindahkan kehidupan mereka. Tidak bisa kita merampas tanah mereka tanpa memberikan lagi. Infrastruktur sangat penting, tapi harus berfokus pada kepentingan besar sehingga kita menghasilkan nilai-nilai tambah bagi ekonomi kita. Bukan jadi beban. Membayar utang menambah beban ekonomi," tutur Prabowo.