Lingkungan

Bupati dan Kapolres Meranti: Mari Jaga Hutan Kita, Alam Kita

MERANTI, RIAULINK.COM - Apel Kesiapan Sarana dan Prasarana dalam Rangka Penanganan dan Pencegahan Karhutla di Kabupaten Kepulauan Meranti berlangsung, Sabtu, (25/01/2020) pagi di Mapolres Meranti. 

Pantauan Riaulink.com di lapangan, apel yang melibatkan Forkopimda dan seluruh stakeholder kabupaten termuda di Riau yakni
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan M.Si, Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Wakil Ketua DPRD Meranti H Khalid Ali SE, Kalaksa BPBD Meranti, Danramil 02 Tebingtinggi, Sekda Meranti, Kadis Perhubungan, Kasat Pol PP Meranti, Kadis BLH, seluruh Camat, Seluruh kades, Pihak Perusahaan PT RAPP, PT SRL, PT NSP, PT EMP.  Selain itu,  ratusan Personil Gabungan dari TNI-Polri, Satpol-PP, Dishub, BPBD, Kesbangpol, serta MPA juga ikut hadir dalam Apel Kesiapan Sarana Dan Prasarana Dalam Rangka Penanganan dan Pencegahan Karhutla di Wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Mari sama-sama menjaga hutan kita, alam kita. Jangan sekali-kali melakukan pembakaran, karena jika terjadi akan banyak dirugikan dan menganggu banyak orang," katanya. 

Selain itu, disampaikan Kapolres, Polres Meranti sudah memiliki Aplikasi Lancang Kuning yang sudah tersebar di setiap polsek jajaran serta anggota. 

"Dengan adanya Aplikasi Lancang Kuning itu bisa digunakan untuk mendekteksi Titik Api dan secara langsung terpantau. Saya berharap seluruh camat dan kades bisa mendaftarkan atau memasang 
Aplikasi Lancang Kuning, dengan adanya aplikasi tersebut akan cepat dan mudah terpantau apabila ada kebakaran," ujarnya. 

"Saat ini sudah masuk musim kemarau dan kita berkumpul disini bertujuan dan memastikan wilayah, desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti benar-benar sudah siap apabila ada kebakaran Hutan dan lahan," jelasnya.

"Kepada desa yang belum punya peralatan diharapkan segera mungkin menyediakan. Ini musim panas, dan butuh peralatan serta embung yang harus diperbanyak agar persediaan air ada," jelasnya. 

Setiap hari dijelaskan Kapolres, anggotanya tidak pernah bosan melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat tentang kebakaran hutan dan lahan. "Selain itu kami berharap pihak desa dan kecamatan memasang imbauan karhutla di wilayah masing-masing," imbau Kapolres.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan M.Si dalam wawancara dengan Riaulink.com mengatakan, apel pagi hari ini bertujuan untuk menjaga dan melindungi alam yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. 

"Kades, camat dan seluruh lapisan masyarakat agar bisa aktif dan selalu bahu membahu dalam menjaga alam kita. Jika tidak ada kebakaran tentunya dari hasil kekompakan kita semua. Kita selalu siap untuk jarhutla namun masih tetap ada kebakaran, menyikapi hal ini kita harus sama-sama kompak satu sama lain," kata Bupati. 

Selain itu, Irwan juga mengajak masyarakat Meranti untuk menanam sagu, soalnya sagu ini berguna untuk tanah menjadi lembab, akan mempermudah dan menguatkan air di lokasi tanah tersebut. 

"Saya kembali ingatkan agar kita sama-sama menjaga alam kita dan mempertanyakan pembuatan sekat kanal, karena sekat kanal sangat berguna apabila ada kebakaran," jelasnya. (Aldo)