Metropolis

Bahas Masalah Imlek, Seluruh Instasi Meranti Dikumpulkan

MERANTI, RIAULINK.COM - Pihak Kepolisian Polres Meranti melakukan pertemuan Seluruh Instasi yang ada di Meranti untuk Persiapan Pengamanan Terkait Pelaksanaan Imlek Tahun 2020. 

Pantauan Wartawan Riaulink.com dilapangan, Rabu, (22/01/2020) pagi, bertempat di ruang data Mapolres jalan Lintas Gogok Desa Gogok Darussalam Kecamatan Tebingtinggi Barat telah berlangsung Rapat Persiapan Pengamanan Terkait Pelaksanaan Imlek Tahun 2020.

Kegitan yang dihadirkan oleh Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH,bKepala Disperindag Meranti Drs. Azza Fahroni,  Danramil 02 Tebing Tinggi yang diwakili oleh Pelda Syahrial, Danposal Selatpanjang Letda Laut Jerry Hendra, Kepala Kantor Bea Cukai Selatpanjang diwakili oleh Agus, Ketua Pembina LAMR Meranti Riduan Hasan, Kepala Dinas Perhubungan Meranti yang diwakili oleh Azwan, Kepala Kantor Imigrasi Selatpanjang yang diwakili oleh Pison, Wakapolres Meranti Kompol Irmadison, S.H, Kabag Sumda Polres Kepulauan Meranti Kompol Areng Swasono, Kabag Ren Polres Kepulauan Meranti Kompol Amir Husin, Kasat Intel Polres Meranti AKP Syaiful, Kasatpol PP Meranti Helfandi, S.E ., M.Si, Para Forkopimda Kabupaten Kepulauan Meranti, Para Tokoh Masyarakat Tiong Hoa, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Dan Tokoh Masyarakat Meranti. 

Dikatakan Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH, rapat ini bertujuan persiapan dalam rangka pengamanan dari pihak kepolisian dan stakeholder terkait agar selama pelaksanaan kegiatan imlek dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Ditegaskan Kapolres, terkait pengamanan pihak Polres Kepulauan Meranti sendiri telah mempersiapkan seluruh personil dan telah memplotting personil di setiap kegiatan Imlek itu sendiri dan siap melakukan pengamanan dari awal pelaksanaan sampai dengan selesainya kegiatan imlek tahun 2020.

"Terkait sistem pengamanan sendiri pihak polres Kepulauan Meranti melakukan sistem pengamanan terbuka maupun pengamanan tertutup. Juga melakukan Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, Dan Patroli (Turjawali) selama perhelatan imlek berlangsung dan juga pada pelaksanaan Perang Air sehingga dapat berjalan aman dan lancar, " katanya. 

Sementara itu, dalam ritual kembang api yang akan dilaksanakan oleh masyarakat tionghoa diharapkan kerja samanya terkait waktu pelaksanaannya agar tidak mengganggu umat lainnya dalam melakukan ibadah. Diharapkan sesama umat beragama lebih toleransi dan saling pengertian antar sesama umat beragama.

Dari hasil yang disepakati, kata Kapolres kalau pihak PLN tidak akan melakukan pemadaman listrik. untuk pelaksanaan teknis sendiri kesiapan mesin tidak ada kendala dan telah dipersiapkan jauh-jauh hari agar listrik tetap berjalan normal dan lancar.

"Untuk Imlek, kami dan pihak disperindag bersama Satgas Pangan Polres Kepulauan Meranti tetap akan memantau harga sembako di wilayah Meranti. Terkait dengan pihak pengelola hotel atau penginapan agar dapat mengkoordinir dengan baik hotel atau penginapan yang akan menjadi tempat istirahatnya para wisatawan lokal maupun asing sehingga tidak menimbulkan kendala dan gangguan para wisatawan lokal maupun asing, " jelasnya. 

"Kami menekankan agar selama pelaksanaan perang air sendiri agar dapat menggunakan air bersih, dan tidak menggunakan pistol air yg sifatnya dapat mencederai masyarakat,"  tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Pembina LAMR Meranti Riduan Hasan berharap kepada peserta yang ikut perang air agar melihat sasarannya, jangan orang pergi sholat di siram dan itu pihak panitia harus kuat melakukan himbauan dan penyampaian kepada peserta perang air. 

"Seperti tahun lalu saya didatangi warga terkait perang air ini, mereka mengadu ke saya mereka kena siram. Menyikapi hal tersebut, diharapkan pihak penyelenggara perang air bisa memahami dan paham akan kebersamaan ini, " harapnya. 

Sementara itu,  untuk Waktu perang air sesuai dengan hasil rapat tersebut berjalan dari pukul 16 :00 WIB hingga 17:30 WIB. Sementara itu, pihak Dispora juga memaparkan kalau Pembukaan Simbolis akan dilakukan di Hotel Indo Baru pada Sabtu, (25/01/2020), dan Pembukaan Puncak  tanggal 27 di yang akan dibuka langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan M.Si. (Aldo)