Peristiwa

Heboh, Beruang Madu Muncul di Pemukiman Warga di Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Balai Besar KSDA Riau mendapat informasi dari masyarakat, bahwa ada satwa liar beruang madu yang muncul di pemukiman tepatnya di Jalan Abdul Rab Khan, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan.

"Tim segera menindaklanjuti informasi tersebut dan langsung melakukan pengecekan lokasi, serta berkoordinasi dengan Lurah Bukit Timah," kata Kepala BKSDA Riau, Suharyono, Rabu (22/1/2020).

Tim menelusuri pemukiman dan masuk ke semak belukar, dimana di lokasi tersebut juga terdapat tanaman sawit dan kelapa. Saat itu, selintas tim melihat satu ekor beruang madu yang dengan cepat bersembunyi dibalik pepohonan. Pengusiranpun segera dilakukan dengan menggunakan mercon namun beruang tersebut masih bertahan di lokasi.

"Tanpa menyerah, tim dibantu warga memasang kerangkeng di sekitar beruang dan memberinya umpan seperti minyak jelantah, buah cempedak, rambutan, serta sarden di dalam dan sekitar kerangkeng," ujar Suharyono.

Tim menghimbau kepada masyarakat agar berhati hati dan waspada serta jangan melakukan penjeratan atau penembakan terhadap satwa  tersebut dikarena satwa beruang merupakan salah satu satwa yang dilindungi Undang Undang No. 5 Tahun 1990 tentang KSDAE.

"Saat ini tim dan warga sekitar masih memantau keberadaan satwa di lokasi," pungkas Suharyono. (WAN)