Hukrim

150 Personil Disebar Amankan Imlek di Rohil

ROKANHILIR, RIAULINK.COM - Polres Rokan Hilir nantinya akan melakukan pengamanan dan menurunkan sekitar 150 orang pada kegiatan khususnya Etnis Tionghoa yang melaksanakan perayaan Imlek di beberapa tempat. Demikian hal ini ditegaskan oleh Kapolres Rohil AKBP Muhammad Mustofa,SIK,MSI., Rabu (22/01/2020).

"Kita sudah mapping dan sudah direncanakan kegiatannya, seperti di Bagansiapiapi ini tentunya polres akan mem back up polsek untuk pengamanan. Kita rencana hari Jumat sudah beserta pasukan merapat ke Bagansiapiapi untuk melakukan pengamanan sampe dengan puncak perayaan Hari Raya Imlek mungkin dijadwalkan malam Sabtu atau malam Minggu,"tuturnya.

Pengamanan tersebut termasuk juga pada saat pawai imlek. Polres Rohil  turunkan anggota untuk pengamanan mem back-up polsek.

"Mudah-mudahan situasi tetap kondusif yang selama ini sudah kita jaga. Kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Rokan Hilir, dalam rangka imlek ini kita saling menjaga dan menghormati kawan kita atau masyarakat kita yang melakukan atau merayakan hari raya imlek," katanya.

Selain itu juga akan diturunkan personil di beberapa lokasi diantaranya di Bagan Batu,Kecamatan Bagansinembah. "Bahkan ada juga personil nanti  melakukan pengamanan di sana, tapi yang ekstra mungkin di Bagansiapiapi,"jelasnya.

Dalam melaksanakan pengamanan tentunya dilengkapi dengan sarana prasarana kendaraan kemudian alat pengamanan yang lain perorangan, baik itu senjata, tongkat dan lain lain. 

"Pokoknya alutsista kita turunkan tapi disesuaikan, artinya kalaupun ada senjata api kita tidak memakai peluru tajam maupun peluru hampa. Kita hanya sekedar mempersiapkan saja untuk perawatan sebagai antisipasi kerawanan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengacaukan perayaan hari besar imlek ini. Tentunya dari terorisme ini perlu kita waspadai juga. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa itu bisa terjadi di wilayah kita," katanya.(dgt)