Metropolis

15 Februari-31 Maret, BPS Inhil Lakukan Sensus Penduduk

INHIL, RIAULINK.COM - Mulai 15 Februari hingga dengan 31 Maret 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) akan melakukan kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) bagi seluruh penduduk di Kabupaten Inhil.

Kegiatan SP2020 ini menggunakan data dasar administrasi kependudukan dari Ditjen Minduk Kemendagri.

Kepala BPS Kabupaten Inhil, Ajid Hajiji, SST. MT., menyebut, sistem sensus penduduk 2020 akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, salah satunya adalah dengan mengisi data diri dengan sistem online.
 
"Tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 akan dilakukan sensus penduduk online yang artinya sebagai masyarakat kita bisa mengisi data-data diri melalui website sensus penduduk yakni, sensus.bps.go.id," kata Ajid Hajiji, Selasa (21/1/2020) kepada Riaulink.com.

"Kalau datanya ada di Disdukcapil maka nanti akan muncul data per kartu keluarga," sambungnya.

Untuk meningkatkan respons sensus penduduk 2020, kata Ajid Hajiji, pihak BPS berencana untuk berkoordinasi dan meminta dukungan OPD dan instansi-instansi lainnya agar setiap pegawai bisa 100 persen melakukan sensus penduduk secara online.

"Hal tersebut dilakukan supaya lebih menghemat waktu dan akurasi data bagusnya dilakukan secara online," tambah Ajid Hajiji.

Namun, bagi masyarakat yang tidak melakukan secara online akan dilakukan pendataan secara wawancara oleh petugas sensus penduduk 2020.

"Bagi yang belum mengisi secara online nanti akan dilakukan sensus wawancara yaitu pada Bulan Juli 2020, yang mana petugas sensus nantinya  akan melakukan door to door kerumah warga. (Jb)