Lingkungan

'Tak Bosan' Sosialisasi Karhutla Terus Ditingkatkan Polres Meranti

MERANTI, RIAULINK.COM - Hingga saat ini,  Kepolisian Polres Meranti dalam hal ini Polsek Tebingtinggi Barat tidak pernah bosan dalam melakukan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Sabtu, (04/01/2020). 

Kegitan Sosialisasi tersebut berlangsung di Kantor Desa Mantiasa, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.  Yang dihadiri oleh Kanit Reskrim Polsek Tebingtinggi Barat Ipda Abdul Roni,SH, Kades Mantiasa Muhajir, 
Bhabinkamtibmas Desa Mantiasa Briptu Raja Abdullah, Koordinator lapangan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Mantiasa Joni Irawan,SP, Sekdes Mantiasa Adi Susanto, Perangkat Desa desa Gosok Darussalam,Ketua MPA dan Anggota,  Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Mantiasa serta tamu undangan berjumlah 30 orang. 

Ditempat yang sama, Kades Mantiasa Muhajir mengajak seluruh lapisan Masyarakat melalui Kadus, RW, RT, LPM, BPD serta seluruh tokoh masarakat juga pemuda untuk ikut bekerjasama dalam Penanggulangan Kebakaran Hutan Dan lahan (Karhutla) khsususnya diwilayah Desa Mantiasa.

"Kita sudah menyediakan Embung sebagai lumbung penyimpanan air, serta Kanal Bloking juga sudah dibangun kan. Selain itu, Alat-alat pemadam kebakaran dan kelengkapannya sudah tersedia, " ungkapnya.

Adapun Penyampaian Materi yang dilakukan Kapolres Meranti AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH melalui Kapolsek Tebingtinggi Barat Iptu AGD Simamora SH MH yang disampaikan Kanit Reskrin Ipda Abdul Roni,SH yakni, 

-Dasar Hukum
-Tentang Pengelolaan Dan Penanggulangan Lingkungan Hidup
-Tentang Pencegahan Dan Pemberantasan Perusakan Hutan
-Pengertian Dan Pasal Yang Mengatur
-Upaya Pencegahan Karhutla
-Patroli Karhutla
-Penyebaran Maklumat
-Penyuluhan
-Upaya Penanganan Karhutla
-Kanal Bloking
-Penegakan Hukum Terhadap Pelaku Karhutla
- Pembuatan Embung. (Aldo)