Metropolis

OPD Baru Berlaku, Sejumlah Pejabat Eselon II Pemprov Riau Nonjob

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Gubernur Riau, Syamsuar memberlakukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru diawal tahun anggaran 2020 ini. 

Beberapa Biro, Dinas dan Badan dilebur menjadi satu dan ada pula biro yang tidak ada lagi di OPD baru ini. Akibatnya, sejumlah pejabat yang memimpin dI OPD nonjob.

Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat sembilan pejabat yang dipastikan nonjob, mereka adalah Andra Sjafril yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Dukcapil, Firdaus (Karo Humas), Asrizal (Kadis Perindustrian), Yulwiriaty Moesa (Kadis Perdagangan), M Amin (Kadis Perkim), Dadang (Kadis PUPR), Arbaini (Kepala Balitbang), Ferry HC (Kadis Perkebunan), Tengku Hidayati (Kadis PPA).

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar kepada wartawan mengatakan, Ia telah menunjuk lima pelaksana tugas (Plt) untuk pengisian Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang dilebur karena Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru mulai diefektifkan tahun 2020 ini.

"SOTK baru mulai kita efektifkan. Kita tunjuk Pelaksana Tugasnya (Plt) untuk mengisi SOTK baru. Untuk Plt harus orang yang menjabat," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.

Gubri mengatakan, kelima pejabat yang ditunjuk Plt diantaranya Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Riau Herman (Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan), Plt Kepala Dinas Perkebunan Riau Ahmad Syah Harrofie (Asisten I Setdaprov Riau). 

Kemudian Plt Kepala Dinas PUPR dan Perkim Riau M Taufiq OH, Plt Badan Perencanaan Pembangunan dan Balitbang Riau Yan Prana Jaya (Sekdaprov Riau), Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Riau Indrawati Nasution (Asisten III Setdaprov Riau). 

"Kemudian OPD yang dilebur, pejabat yang lama di demisioner. Seperti pak Dadang (Kadis PUPR), M Amin (Kadis Perkim), Asrizal (Kadis Perindustrian), Yulwiriawati (Kadis Perdagangan), dan Feri HC (Kadis Perkebunan) sekarang menjadi staf biasa," terangnya.