Peristiwa

Mantan Kadis Pariwisata Riau Tutup Usia, Misharti: Beliau Orang yang Ulet

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Masyarakat Riau kembali berduka Mantan Kepala Dinas Pariwisata Riau,  Raja Fahmizal Usman meninggal dunia hari ini,  Jum'at (13/12/2019) pukul 12.10 di Rumah Sakit Boromeus Bandung, Jawa Barat

Fahmizal saat ini menjabat sebagai Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pemasaran 1 Regional II di Kementerian Pariwisata yang baru dilantik beberapa bulan yang lalu. 

Mendapat kabar meninggalnya Fahmizal Usman yang merupakan salah satu putra terbaik Riau,  Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)  RI,  Dr Misharti SAg MSi turut berbelasungkawa atas berpulangnya Mantan Kepala Dinas Pariwisata Riau tersebut

"Atas nama pribadi dan keluarga saya mengucapkan berbelasungkawa atas meninggalnya Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pemasaran 1 Regional II di Kementerian Pariwisata, Bapak Fahmizal Usman.  Semoga keluarga yang ditinggal sabar dan tabah dalam menghadapinya dan almarhum ditempatkan disisi terbaik oleh Allah SWT, " ucap Dr Misharti SAg MSi

Lebih lanjut,  Misharti mengatakan bahwa almarhum merupakan orang yang cerdas dan kreatif dalam pengembangan wisata di Provinsi Riau semasa kepemimpinannya. Misharti bercerita bahwa dirinya pernah bertemu almarhum di smSenayan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan almarhumah Ibunda saat itu. 

"Beliau merupakan orang yang ulet dalam bekerja yang mana semasa beliau menjabat Kepala Dinas Pariwisata Riau telah banyak penghargaan yang telah diraih dalam mengangkat destinasi wisata di Riau kekancah Nasional bahkan Internasional, " tutur Misharti 


Sekedar informasi, Fahmizal Usman meninggalkan seorang isteri dan tiga orang anak. Ia lahir di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, pada 48 tahun silam. Pria yang akrab disapa Fahmi itu adalah birokrat tulen yang sudah 20 tahun melanglang buana di berbagai instansi di Pemerintah Provinsi Riau. Awal kariernya menjadi PNS pada tahun 1999 sebagai Staf Bidang Ekonomi Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Provinsi Riau.

Pria yang pernah menyelesaikan pendidikan S2 di Universitas Indonesia itu pernah berkarir di Setda Riau juga pernah menjabat sebagai Kasubbag Pejabat Negara dan Legislatif bagian Otda (Otonomi Daerah) Biro Tata Pemerintahan, kemudian mendapat promosi jabatan menjadi Kabag (Kepala Bagian) Rumah Tangga Pimpinan Biro Umum pada tahun 2010.

Setelah itu pada tahun 2012, Fahmizal dimutasi sebagai Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau. Pada tahun 2013 ia kembali mendapatkan promosi menduduki jabatan Kepala Biro Humas Setda Provinsi Riau selama satu tahun.

Di tahun 2013 Ayah yang memiliki dua putri dan satu putra itu dimutasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau, menjabat sebagai Direktur Keuangan. Kemudian pada bulan April tahun 2015, Fahmizal mengukuti lelang jabatan (Assement) di Dinas Pariwisata Riau. Ia berhasil lulus menjadi Kepala Dinas Pariwisata, berdasarkan peraturan Gubernur Riau, Nomor 341/IV/2015.

Fahmizal pada 15 Oktober 2019 baru saja dilantik oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, sebagai Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pemasaran I Regional II, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I.