Lingkungan

Banyaknya Video dan Foto Pembunuhan Harimau, Ini Klaim BBKSDA Riau

Harimau. (Foto: Getty Images/iStockphoto/rudi_suardi)

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Maraknya video dan foto yang beredar di masyarakat terkait konflik Harimau dan manusia, diantaranya Harimau yang mati ditombak warga, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau memastikan kejadian tersebut di luar Riau alias Hoax. 

Video itu hasil editan dari beberapa kejadian yang lokasinya berbeda. Video viral tersebut terjadi di Pagar Alam, Sumatera Selatan, kebun binatang China dan untuk foto Harimau yang dibunuh, kejadiannya di Sumatera Utara.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono mengingatkan bahwa jangan sampai kejadian ini dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk suatu kepentingan.

"Terhadap jejak yang diduga sebagai jejak si belang, Balai Besar KSDA Riau telah menurunkan timnya untuk melakukan observasi dan memberikan sosialisasi edukasi kepada masyarakat agar tidak terjadi konflik antara manusia dan Harimau Sumatera," ujarnya, Jumat (13/12/2019).

"Untuk hari ini akan di pasang camera trep di beberapa titik di mana jejak Harimau Sumatera ditemukan," pungkasnya. (WAN)