Lingkungan

Jaga-jaga, BPBD Riau Siapkan Peralatan EvakuasI Banjir

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi Riau mengambil langkah cepat dalam menyikapi ancamam banjir yang terjadi di sejumlah daerah. Salah satu langkah yang dilakukan adalah menyiapkan alat evakuasi untuk para korban banjir di titik-titik rawan.

Langkah tersebut dilakukan untuk membantu dan meringankan pada masyarakat yang sedang tertimpa musibah banjir di daerah. Selain itu langkah koordinasi dan penanganan lain juga terus dilakukan secara simultan dan berkelanjutan bersama stakeholder terkait.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan, pihaknya memang memberikan perhatian serius untuk persoalan banjir ini. Dimana pihaknya sudah stanby-kan alat evakuasi korban banjir di lokasi-lokasi yang memerlukan langkah evakuasi.

“Ya kita tentunya terus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten yang rawan banjir dan menyiapkan bantuan perahu karet jika diperlukan. Kita harapkan bencana banjir ini dapat berkurang,” paparnya.

Selain itu, langkah antisipasi tetap perlu terus dilakukan, mengingat curah hujan dari informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih berpotensi mengguyur beberapa daerah di Riau. Untuk tingkat kerawanan banjir, sebagian besar ancamann banjir berada di daerah-daerah yang berada diseputaran aliran sungai.

“Makanya kami juga mengimbau kepada masyarakat yang berada disekitar bantaran sungai agar waspada dan berhati-harti. Karena sewaktu-waktu bisa aja air datang tanpa diduga, apalagi di hulu curah hujan cukup tinggi hingga beberapa waktu ke depan,” sambung Mantan Pj Wako Pekanbaru itu.