Pendidikan

Mahasiswa Kukerta Universitas Riau 'Sulap' Tempe Jadi Nugget di Desa Bina Maju

MERANTI, RIAULINK.COM - Tempe adalah bahan makanan yang sangat dikenal karena dijadikan lauk atau sayur hampir setiap harinya. Bahkan bagi sebagian besar orang Jawa, tidak lengkap rasanya makan jika tidak ada tempe. Dewasa ini tempe mulai mendunia sehingga kita bangsa Indonesia boleh merasa bangga karenanya, karena tempe tidak lagi dianggap sebagai makanan kurang berkelas.

Keutamaan tempe yang lain adalah, karbohidrat, protein, dan lemak sehat yang terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan atau menjaga fungsi organ tubuh bagi orang dewasa.

Desa Bina Maju, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, merupakan desa yang penghasil tempe namun tempe hanya diolah sebagai lauk hanya dengan digoreng tidak ada olahan lainnya. Tempe yang dihasilkan masyarakat bina maju masih dalam skala rumah tangga. Masyarkat Bina Maju belum mengetahui olahan tempe selain digoreng. Maka dari itu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau melakukan sosialisasi pembuatan nugget yang berbahan dasar tempe.

"Sosialisasi pengolahan nugget tempe ini bertujuan untuk memberitahu masyarakat Bina Maju dalam pengolahan tempe untuk meningkatkan selera untuk mengkonsumsi tempe. Selain itu masyarakat Bina Maju yang awal tidak suka tempe dengan adanya pengolahan nugget tempe masyarakat tersebut menjadi suka. Sasaran dalam kegiatan sosialisasi pengolahan nugget tempe adalah ibu-ibu PKK," ujar Bendahara kelompok kegiatan sosialisasi, Nurul Fuada, pada Kamis (12/12/2019).

Menurut Nurul, kegiatan sosialisasi tersebut diterima baik oleh masyarakat Bina Maju, dalam menjalankan kegiatan ini sangat dibantu oleh ibu-ibu PKK baik dalam penyediaan alat dan bahan pengolahan nugget tempe. Ia juga mengharapkan agar kegiatan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Bina Maju. 

"Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini masyarakat Bina Maju bisa mengolah tempe menjadi makanan yang banyak diminati yaitu nugget," ungkapnya. (Rilis/Aldo)