Lingkungan

KSOP Dumai Imbau Pelaku Pelayaran Utamakan Keselamatan

Keterangan foto : Kasi Keselematan Berlayar KSOP Kelas I Dumai, Capt Yuzirwan Nasution

DUMAI, RIAULINK.COM - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai mengimbau kepada awak kapal yang hendak berlayar agar lebih mengutamakan keselamatan berlayar.

Imbauan itu berdasarkan surat edaran resmi yang dikeluarkan KSOP kepada seluruh pelaku pelayaran dimulai dari  perusahaan pelayaran dan keagenan kapal, juga nakhoda kapal dan operator serta pengguna jasa pelayaran sebagai bentuk antisipasi menghadapi cuaca buruk pada tanggal 5 Desember 2019 pekan lalu.

Apalagi imbauan ini erat kaitannya dengan tenggelamnya kapal mesin (KM) Bahari Indah 5 di perairan Selat Miring, Kabupaten Bengkalis, Senin, 9 Desember 2019 lalu.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Dumai, Capt Yuzirwan Nasution‎ kepada riaulink.com, Rabu (11/12/2019) melalui sambungan telepon selulernya mengatakan jika imbauan tersebut sudah diedarkannya kepada pelaku pelayaran.

"Selain mengutamakan keselamatan, pihaknya juga mengingatkan agar pelaku pelayara tersebut senantiasa memantau perubahan cuaca dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika),"pesan dia lagi.

Ia juga menegaskan kepada nakhoda dan operator kapal agar tidak memaksakan kegiatan berlayar mengingat kondisi cuaca yabg tidak memungkinkan untuk berlayar.

"Ditakutkan nantinya ada gelombang yang tinggi sehingga kita menekankan agar pelaku pelayaran menunda berlayar,"ucap Iwan sapaan akrabnya.

"Kita berharap pelaku pelayaran mengikuti edaran yang kita berikan,"tukasnya.(Kll)