Ekonomi

Jelang Akhir Tahun, Realisasi APBD Terus Digesa

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi Riau komit menggesa angka realisasi hingga penghujung tahun 2019. Langkah ini dilakukan agar angka realisasi dapat maksimal sesuai dengan yang ditargetkan sebelumnya.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekda) Provinsi Riau, Yan Prana Jaya mengatakan, angka realisasi saat ini terus berjalan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku. Saat ini realisasi Angggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Riau 2019 di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) rata-rata sudah di atas 80 persen.

“Prosesnya kan terus berjalan. APBD 2019 sedang digesa menjelang pertengahan Desember ini. Kami optimis realisasi serapan APBD 2019 akan sesuai dengan target di penghujung tahun,” paparnya.

Pihaknya juga akan melakukan langkah-langkah untuk mengoptimalkan hal tersebut. Seperti dengan melakukan evaluasi dan pendampingan terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau.

Dengan langkah tersebut diharapkan jangan ada yang gagal bayar. Langkah tegas juga diterapkan dengan akan memberikan sanksi yang tegas terhadap pihak rekanan yang tidak bisa menyelesaikan kegiatan sesuai kontrak dalam ketentuan yang berlaku.