Metropolis

Pemko Pekanbaru Menuju Satu Data Kependudukan, Ini Penjelasannya

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyebut bahwa pemerintah kota siap mendukung sensus penduduk tahun 2020 mendatang. Ia menyebut sensus ini upaya mewujudkan satu data kependudukan. 

Nantinya data kependudukan ada di Badan Pusat Statistik (BPS) secara terpusat. Sebab menjadi satu instansi yang bakal menerbitkan data kependudukan.

"Kami dari pemerintah kota sangat mendukung kegiatan ini, terutama dalam upaya menciptakan satu data kependudukan," terangnya dalam forum group discussion Satu Data Kependudukan, Senin (9/12/2019) di Royal Asnof Hotel.

Menurutnya harus ada sinergi dan kolaborasi dari semua pihak untuk mewujudkan satu data kependudukan. Ia pun mengajak semua pihak bersinergi dalam sensus penduduk yang berlangsung sepuluh tahun sekali.

"FGD ini bisa menjadi ajang sosialisasi seputar sensus penduduk yang berlangsung pada tahun 2020 mendatang," paparnya.

Ada ratusan peserta ikut dalam FGD yang digelar BPS Kota Pekanbaru. Mereka mengundang para perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Ada juga hadir camat dan lurah. Ayat pun mengajak partisipasi aktif agar sensus penduduk 2020 bisa berhasil digelar.

"Jadi saya mengajak semua pihak untuk partisipasi aktif dari seluruh OPD, camat dan lurah," ulasnya.

Proses sensus penduduk secara online pada 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 mendatang. Sensus penduduk juga punya tahapan wawancara penduduk.

Pelaksaannya wawancara ini tentu butuh dukungan camat dan lurah. "Jangan sampai petugas dari BPS kesulitan mendata warga nantinya," ujarnya.

Para hadirin dari unsur forkopinda Kota Pekanbaru dan jajaran pemerintah kota juga ikut menandatangani komitmen bersama mendukung sensus penduduk 2020. (WAN)