Lingkungan

BMKG : Hujan Lebat Masih Berpotensi Mengguyur Wilayah Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan masih berpotensi mengguyur Riau, Jumat (6/11/2019). Bahkan, hujan berpotensi mengguyur Riau sejak pagi hingga dini hari.

"Namun hujan hanya mengguyur sebagian Riau saja. Tidak merata di semua wilayah," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki.

Ia menjelaskan, pagi hari potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar dan juga Kuantan Singingi.

"Sedangkan siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rohul dan Kampar. Dan potensi hujan dengan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di wilayah Kampar," cakapnya.

Selanjutnya malam hari potensi hujan terjadi di wilayah Kampar, Rohul, Rohil, Bengkalis, Indragiri Hilir, dan juga Kota Dumai.

"Pada malam hari, sebagian wilayah berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu," ungkapnya.

Hujan masih terus berlanjut pada dini hari dengan intensitas hujan ringan di sebagaian wilayah Bengkalis, Kampar, dan Kuansing.

"Di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," terangnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Khususnya terjadi di wilayah Kampar, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hulu dan juga Indragiri Hilir pada siang atau sore dan malam atau dini hari," pungkasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 - 32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 65 - 99 persen. Sementara arah angin berhembus ke arah Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan 10 - 20 km/jam, saat cuaca buruk dapat mencapai 47 km/jam.

Info tinggi gelombang untuk perairan di Provinsi Riau pada umumnya berkisar antara 0.5 - 2.5 meter. Saat cuaca buruk dapat mecapai 4.0 meter.