Riau

HUT ke-62 Tahun, Pertamina Khatamkan Qur'an 500 Anak Yatim

Keterangan foto : Pertamina salurkan bantuan Rp25 juta kepada Panti Asuhan Halimatussa'diyah.(rls)

DUMAI, RIAULINK.COM - Menjelang perayaan HUT ke 62 tahun PT Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai yang dirayakan setiap tanggal 10 Desember ini, Pertamina  menyelenggarakan khatam Alquran bagi anak yatim piatu di Kota Dumai.

Kegiatan yang berlangsung di Masjid Al Muhajirin di lingkungan komplek perumahan Bukit Datuk milik Pertamina Dumai ini diikuti oleh 500 anak yatim dari sejumlah panti asuhan yang tersebar di Dumai, pada Kamis (5/12/2019) sore.

Ada pun panti asuhan tersebut yaitu Al Barkah, An Nur, Ar Rozak, Hidayatullah, Takdir Illahi, Ummi Astuti, Umi Fadhillah, Az Zahra, Ayah dan Ibu, Halimatussa’diyah, Ihya Usunah dan Al Furqon. 

Senior Manager Operation and Manufacturing (SMOM) Pertamina RU II Dumai, Iman Syafirman mengatakan jika kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya.

Selain sebagai wujud syukur atas kelancaran operasional Pertamina dalam menjalankan tugas untuk memasok kebutuhan energi nasional juga sebagai upaya untuk meningkatkan kecintaan terhadap Alquran sejak usia dini karena para peserta didominasi oleh penjara sekolah dasar.

Kegiatan khatam Alquran ini tidak hanya di Dumai saja melainkan di seluruh unit pengolahan Pertamina di seluruh Indonenesia.

"Pertamina sendiri telah menyiapkan sejumlah kegiatan lainnya yakni kegiatan lari yang bertajuk Dumai Energi Run 2019. Sementara seluruh biaya pendaftarannya nanti akan disumbangkan kepada organisasi cinta lingkungan di Kota Dumai,"paparnya menjelaskan.

Sebelum acara khatam digelar, pihak panitia juga menggelar berbagai games (permainan) kepada peserta yang dipandu oleh para pekerja muda Pertamina Dumai 
yang tergabung ke dalam Culture Change Agent (CCA). 

Selain itu, sebagai perwujudan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina, pada kesempatan yang sama juga diserahkan santunan kepada 500 anak yatim piatu tersebut dengan total bantuan senilai Rp75 Juta serta bantuan Rp 25 Juta kepada Panti Asuhan Halimatussa’diyah untuk dukungan sarana prasarana dan operasional.

Dalam keterangan resminya, sepanjang 2019 kegiatan bersama anak yatim ini sudah rutin dilakukan. 

Dimulai dari Juli lalu, Pertamina mengundang anak yatim untuk berkunjung ke kantor Pertamina RU II sembari melakukan pengajian bersama, termasuk juga memberikan santunan.

Sehingga ditotalkan keseluruhannya sebesar Rp212 juta bantuan yang disalurkan kepada 1.363 anak yatim piatu di Kota Dumai.

“Saya mewakili perusahaan berharap peserta khataman quran dapat mendoakan Pertamina agar tetap mampu berkiprah dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat Indonesia,"ucapnya.

"Saya pun mengucapkan syukur kita bisa berkumpul, membaca Alquran bersama dan mengkhatamkannya. Membaca dan mencintai Alquran menjadi tabungan kita di akhirat kelak,"kata Iman mengakhiri.(Rls/Kll)