Riau

Muscab Apdesi Kampar Sukses, Ketua BPD Kampar Syofian,SH,MH : Selamat Kepada Jonnedi,SAg

Ketua Forum BPD Kampar Syofian,SH,MH Datuk Majo Sati

RIAULINK.com - Forum Badan Permusyawaratan Desa (FBPD) Kabupaten Kampar mengapresiasi suksesnya pelaksanaan Musyawarah Cabang III Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kampar pada Selasa (27/11/2018) malam.

Ketua Forum BPD Kampar Syofian,SH,MH Datuk Majo Sati, Rabu (28/11/2018) selain menyampaikan selamat kepada Jonnedi,SAg sebagai Ketua DPC Apdesi Kampar terpilih secara demokratis juga menyampaikan beberapa harapan.

DPC Apdesi Kabupaten Kampar diharapkan semakin aktif apalagi tercapainya islah antara dua mantan ketua Apdesi sebelumnya mampu membangkitkan semangat kepala desa membangun kebersamaan, bersatu, bahu membahu memacu pembangunan Kabupaten Kampar bersama Pemerintah Daerah. 

Ia juga mengapresiasi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Febrinaldi Tridarmawan yang sukses menjembatani kepala desa dan pengurus sehingga Muscab ini berjalan sukses.

Harapan pertama yang diharapkan Forum BPD Kampar adalah bisa bersinergi dengan pengurus DPC Apdesi Kabupaten Kampar. "Dua organisasi ini (Apdesi dan Forum BPD) merupakan tempat berhimpunnya pimpinan di desa masing-masing. Dengan adanya kerjasama yang terjalin dengan baik kami berharap bisa mengaplikasikan program Bupati Kampar dalam masing-masing APBDes terutama mewujudkan program 3i (infrastruktur, industri dan investasi red)," ujar Syofian.

Harapan lain dari Forum BPD kata Syofian adalah berkaitan internal Apdesi Kampar. Sesuai semangat Undang-undang Desa, Forum BPD mengharapkan berdiri sendiri, artinya tidak lagi menjadi organisasi asosiasi kepala desa yang berafiliasi ke pusat sebagaimana Forum BPD Kampar saat ini yang berdiri sendiri di daerah dan tidak berafiliasi ke pusat. Menurutnya hal ini dibolehkan karena Undang-undang Desa mengamanatkan seperti itu. 

"Akan lebih bagus berdiri sendiri. Buat AD/ART sendiri dan SK Menkum HAM sendiri juga sehingga kepentingan Apdesi tidak berbenturan dengan  daerah," ungkap Ketua BPD Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar ini.

Lebih lanjut Syofian mengharapkan, dengan aktifnya Apdesi, Forum BPD Kampar segala kegiatan desa bisa berjalan dengan baik dan sejalan dengan pemerintah daerah disamping melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang diberikan oleh pemerintah pusat ke masing-masing desa.

Selain itu rekannya di Apdesi bisa menjadi kontrol sosial terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan pedesaan dan masyarakat.

Ke depan ia berharap hendaknya ada agenda tahunan kedua forum dalam rangka membangun desa dan membantu pemerintah daerah. "Kegiatan ini hendaknya dianggarkan di masing-masing APBDes dan tidak membebani anggaran daerah," katanya.