Pendidikan

Zulaikhah: PAUD Berkembang Pesat, Tapi Masih Ada yang Kurang

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Inhil, H Said Syarifuddin SE MP MSn membuka Jambore PAUD Kabupaten Inhil Tahun 2019, Selasa (3/12/2019).

Bertempat di Gedung Wanita Kabupaten Inhil, Jalan Sungai Beringin Nomor 01 A Tembilahan, acara diawali dengan tari persembahan dari TK Pembina Tembilahan.

Turut hadir pada kesempatan itu Bunda PAUD Inhil Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, Wakil Ketua TP-PKK Inhil Anita Pramawati Syamsuddin, Ketua DWP Inhil Hj Sy Rohana Said Syarifuddin SPd, Unsur Forkopimda Inhil, Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkab Inhil, Camat se-Inhil, Bunda PAUD Kecamatan se-Inhil, Organisasi Wanita di Inhil, Guru-guru PAUD se-Inhil, dan para tamu undangan.

Tujuan pelaksanaan Jambore PAUD ini ialah untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan Pendidik PAUD, meningkatkan sportifitas, mengelola kerjasama yang baik sesama anggota tim, dan sebagai persiapan Kabupaten Inhil mengikuti Jambore PAUD tingkat Provinsi Riau.

Peserta jambore berjumlah 80 orang tenaga pendidik PAUD yang berasal dari 20 Kecamatan se-Inhil.

Bunda PAUD Inhil berharap agar untuk ke depan, Jambore PAUD bisa dilakukan di tingkat kecamatan. Dirinya juga mengungkapkan bahwa untuk peningkatan kualitas PAUD, anggaran dapat dialokasikan melalui dana desa, atau dimasukkan dalam program DMIJ Plus Terintegrasi.

"Ini sejalan dengan Program Pemerintah Pusat untuk peningkatan kualitas PAUD. Kalau dulu di periode 1 kepentingan Bapak Bupati kita mendapat bantuan dana untuk membangun lembaga PAUD di setiap desa dalam Program 1 Desa 1 PAUD yang diselipkan dalam anggaran DMIJ," terangnya.

Walaupun PAUD di Inhil sudah mengalami perkembangan dan peningkatan, namun masih ada permasalahan juga tantangan yang dihadapi oleh PAUD di Inhil. Tenaga Pendidik PAUD di Inhil dinilai masih sangat kurang.

"Jumlah tenaga Pendidik PAUD kita sekitar 2176 orang, sementara anak yang harus diberi pelayanan pendidikan PAUD ada 47.196 orang. Idealnya 1 Pendidik PAUD mengajar 5 anak. Masih banyak kekurangan Tenang Pendidikan PAUD kita. Tolong para pengelola Lembaga PAUD ini disesuaikan dalam rangka kita mewujudkan PAUD yang berkualitas," instruksinya.

Kepada Bunda PAUD Kecamatan, Zulaikhah berharap agar tidak lepas pengawasan. Dirinya berharap agar Bunda PAUD Kecamatan selalu memberi pembinaan terhadap Tenaga Pendidik PAUD di Kecamatan masing-masing.

Acara dimeriahkan dengan penampilan berbalas pantun dari TK Pertiwi I Tembilahan, dan Solawat Nariyah dari PAUD Al-Husniyah Tembilahan.

Sementara itu, Sekda Inhil saat menyampaikan sambutan Bupati mengatakan bahwa kemajuan pembangunan Inhil di bidang PAUD telah diapresiasi dengan berbagai penghargaan, baik pada tingkat Provinsi maupun Nasional.

"Ini sebenarnya tidak bisa dipisahkan dari kontribusi dan partisipasi semua pihak, termasuk dinas/ instansi terkait, serta tenaga pendidik dan penyelenggara PAUD di Kabupaten Indragiri Hilir. Saya berharap kita semua tetap menjaga sinergi dan kinerja yang baik agar hal ini dapat terus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan lagi untuk mewujudkan generasi Indragiri Hilir unggul dan cemerlang," urai Said Syarifuddin.

Menutup sambutannya, Sekda berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti ini dengan guna meningkatkan kemampuan, wawasan dan keterampilan.