Riau

Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN Menanam 22.000 Pohon di Rohul

RIAULINK.com - Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2018, PLN menanam 22.000 pohon di wilayah-wilayah operasional PLN, Rabu (28/11/2018). Aksi ini dilakukan serentak oleh 22 unit kerja PLN se-Indonesia.


HMPI yang ditetapkan dalam Keppres RI No. 24 Tahun 2008 merupakan langkah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya menanam pohon. HMPI juga dilakukan sebagai wujud kepedulian dalam memulihkan kerusakan hutan dan lahan.

Di PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau (WRKR) 1.000 Pohon Aren ditanam di Desa Sungai Kuning Kecamatan Tandun Kabupaten Rokan Hulu.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Himawan Sutanto, Pejabat Pengendali K3 & Lingkungan  Muhammad Dhani beserta Assistant Manager CSR PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, Buyung Ganti, Jajaran Kecamatan Tandun mewakili Camat, Kepala Desa Sei Kuning Ilham Rahman, Ketua Hak Pengelolaan Hutan Desa, Herianto,  Ketua Organisasi Kepemudaan dan Tokoh Adat Desa Sei Kuning dan warga masyarakat sekitar.

"Ada banyak manfaat dari penanaman pohon aren ini. Harapan kami kedepannya masyarakat dapat menikmati manfaat yang cukup besar dari kegiatan yang dilaksanakan ini setelah sehingga meningkatkan taraf perekonomian warga desa Sei Kuning," ujar Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekanbaru, Himawan Sutanto.

Dikatakan Himawan, pohon aren merupakan salah satu tumbuhan penyimpan air dan penyerap CO2 dalam jumlah besar untuk proses fotosintesa yg tentunya kemampuannya tersebut dapat mengendalikan kesuburan tanah dan mengurangi kandungan CO2 berdampak pengurangan efek gas rumah kaca yang menjadi topik lingkungan saat ini. Disamping itu juga mampu menahan laju erosi tanah dan  mencegah lonsor.

"Manfaat utama yang diharapkan adalah produksi nira dan berbagai bagian dari pohon yang dapat dimanfaatkan menjadi bahan baku berbagai produk yang akan dirasakan langsung oleh warga desa," Cakapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sei Kuning Ilham Rahman Ilham mengucapkan banyak terima kasih atas penanaman pohon yang dilakukan oleh PLN.

"Dengan kegiatan program penanaman 1.000 pohon dalam hal ini pohon aren ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa dengan membuat gula aren, kolang-kaling, atap daun aren, pembuatan sapu lidi, sebagai bahan anyaman dan masih banyak lagi manfaat lainnya," ujar Ilham.

Sebagaimana informasi, adapun total dana yang digelontorkan PLN Peduli untuk penanaman 22.000 pohon di seluruh di wilayah-wilayah operasional PLN se Indonesia adalah Rp3,19 Miliar. Dana tersebut selain untuk penanaman pohon dipergunakan pula untuk pemeliharaan pohon agar tetap tumbuh dengan baik