Pendidikan

Disdikbud Meranti Imbau Guru Agar Meningkatkan Kinerja

MERANTI, RIAULINK.COM - SMP Negeri 4 Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau melaksanakan upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74, Senin (2/12/2019) di Halaman SD Negeri 4 Jalan Bambu Kuning, Desa Banglas Barat.

Sebagai Inspektur Upacara, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kepulauan Meranti, Syarifah Zumah. Turut hadir Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Disdikbud Kepulauan Meranti Syafrizal SPd, Kasi Perserta Didik dan Kelembagaan Disdikbud Kepulauan Meranti Marlina Dewi, Kepala Desa Banglas Barat Asnawi Nazar, Kepala SMP Negeri 4 Tebingtinggi Syafi'i SPd MM, majelis guru dan seluruh siswa-siswi SMP Negeri 4 Tebingtinggi.

Dalam arahannya, Syarifah Zumah mengucapkan terima kasih kepada para guru atas pengabdian dalam mencerdaskan anak bangsa. Dikatakannya, jasa dan pengabdian guru tak ternilai harganya, hanya doa bisa dipanjatkan kepada Allah SWT agar para pahlawan tanpa tanda jasa itu senantiasa diberi kekuatan serta kesehatan.

"Kami mengimbau kepada para guru mari tingkatkan kinerja. Hari ini kita sering mengalami perubahan-perubahan bahkan bukan tidak mungkin tahun 2020 kita akan mengalami perubahan kurikulum. Kalau hari kita dituntut dengan K-13, besok bukan tidak mungkin kita kembali ke KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jadi, ini semua menjadi catatan kita, dan kita harus mengejar ketinggalan-ketinggalan itu untuk membenahi demi peningkatan mutu pendidikan di Kepulauan Meranti," ujarnya.

Selanjutnya, Syarifah juga mengingatkan kepada siswa terkait memasuki semester 1, bahkan ada sekolah yang sudah mulai melaksanakan ujian semester 1. Para siswa diminta gunakan waktu sebaik mungkin, mengulangi pembelajaran sehingga saat menghadapi ujian nanti bisa mendapatkan hasil terbaik.

"Anak-anak sekalian adalah calon pengganti bapak dan ibu guru yang duduk di depan. Karena itu, bekalilah diri dengan ilmu. Ketika dituntut untuk belajar saat ini gunakanlah semaksimal mungkin. Kemudian bekali juga dengan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Artinya, dalam melaksanakan aktifitas jangan lupa untuk melaksanakan kewajiban kepada Allah SWT," ungkapnya.

Disamping itu, Syafi'i mengucapkan terima kasih kepada pihak Disdikbud Kepulauan Meranti yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam kegiatan upacara HGN dan HUT PGRI ke-74 di SMP Negeri 4 Tebingtinggi. Momentum HGN dan HUT PGRI ke-74 di SMP Negeri 4 Tebingtinggi menjadi motivasi dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang bisa menjadikan murid lebih baik lagi.

"Semoga para guru di SMP Negeri 4 Tebingtinggi bisa dan terus semangat dalam mengajar dan pantang menyerah," pungkasnya.

Peringatan HGN dan HUT PGRI ke-74 di SMP Negeri 4 Tebingtinggi juga diisi dengan makan nasi tumpeng bersama, pemotongan pita dan pelepasan balon ke udara, serta foto bersama.(Aldo)