Metropolis

Berpartisipasi di Tingkat Provinsi dan Nasional, Desa Mekar Sari Terima Penghargaan Dua Tahun Berturut-turut

MERANTI, RIAULINK.COM - Desa Mekar Sari kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau meraih dua kali berturut-turut dalam Penghargaan Berpartisipasi Tingkat Provinsi dan tingkat Nasional 2019.

Hal ini terbukti pada saat Kepala UPT Pukesmas Teluk Belitung Dr. Suhadi memberikan penghargaan tersebut kepada Desa Mekar sari yang dijemput langsung oleh Kepala Desa Mekar Sari Erman. Senin, (02/12/2019)  pagi. 

Dikatakan Suhadi, Duplikat Partisipasi dalam penilaian Puskesmas Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2019 Desa mekar Sari salah satu Desa Penunjang penilaian Puskesmas Teluk Belitung yang kemaren mendapat ditingkat Provinsi dan kali ini ditingkat Nsional.

"Jadi penghargaan ini diberikan kepada Desa Mekar Sari. Karena Desa Mekar Sari adalah Desa yang mampu membentuk Gerakan Ayah Siaga (GAS) Yang dapat menanggulangi masalah Ibu Hamil," ungkapnya Kepala UPT Puskesmas Teluk Belitung Suhadi. 

Sementara itu, Kepala desa Mekar Sari Erman saat dikonfirmasi bersyukur atas adanya GAS di desanya, dan dengan adanya GAS ini kami ketahui angka kematian ibu hamil dan Balita sangat draf turunnya.

"Boleh dikatakan 100 persen terbantu,
GAS ini sangat penting karena merupakan penonggak untuk menolong Ibu Hamil. Mulai dari sosialisasi dengan suami ibu hamil tersebut agar sang suami peduli dengan kesehatan dan keselamatan untuk istri (Ibu hamil, red), " katanya. 

Sementara itu, dengan adanya GAS serta Sosialisasi tentunya tidak ada lagi seorang ibu hamil ini melahirkan dirumah dan harus melahirkan Kepuskesmas ataupun di Poskesdes. 

"Ini merupakan bukti dengan adanya GAS desa Mekar Sari mampu berbuat terbaik untuk ibu Hamil. Sementara itu, saya mengucapkan terima kasih kepada Kader-Kader kesehatan yang telah bahu-membahu dalam segi kesehatan, " tambahnya. 

Dibeberkan Erman, kalau ketua Gas Desa Mekar Sari saudara Yanos Talgia alias Brewok bersama Ibu bidan desa Mimi Julia orang yang sangat peduli dengan Kesehatan Masyarakat serta kegigihan kader - kader yang ada didesa mekar sari sangat antusias menanggani persoalan masalah kesehatan masyarakat Desa Mekar Sari.

"Di acara Lokakarya Mini ini Alhamdulillah kami desa Mekar Sari sudah 2 tahun berturut rurut mendapatkan penghargaan,  dalam tahun lalu kita meraih ditingkat Provinsi dan kali ini ditingkat Nsional, " tambahnya. (Aldo)