Pendidikan

Hujan Mendera, Semangat di Perkemahan Sungai Guntung Tetap Terjaga

SUNGAIGUNTUNG, RIAULINK.COM - Kwartir ranting(Kwaran)  yang ada di wilayah Utara Indragiri Hilir(Inhil) mengikuti Perkemahan Terpadu  yang diadakan di Sungai Guntung 21 sampai dengan 24 November 2019.

Meskipun kondisi bumi perkemahan (Buper) Raja Musa Sungai Guntung Kwaran Kateman agak sedikit tidak bersahabat dikarenakan turunnya hujan, tidak menyurutkan keinginan para peserta anggota pramuka muda untuk tetap hadir dan mengikuti lomba-lomba yang dilaksanakan oleh panitia perkemahan.

Kegiatan perkemahan ini dilaksanakan oleh Kwaran Kateman bertempat di Buper Raja Musa Sungai guntung dan di ikuti Kwaran Mandah, Kwaran Teluk Belengkong, Kwaran Pelangiran, Kwaran Pulau Burung serta Kwaran Kateman sebagai tuan rumah. 

Menurut Ketua Kwartir Cabang Inhil Junaidi Ismail S Sos, MSi., yang dikonfirmasi melalui salah seorang pembina kwarcab Arafah Karim setidaknya ada sekitar 1.200 orang peserta yang hadir di perkemahan tersebut yang berasal dari setiap Gugus Depan (Gudep) yang berpangkalan di setiap sekolah-sekolah ymdi setiap Kwaran/Kecamatan wilayah utara Inhil.

"Melalui Perkemahan Terpadu ini saya para pembina, andalan cabang dan ranting serta para pelatih pembina pramuka untuk menekankan pembelajaran disiplin terhadap para peserta didik agar mereka lebih mandiri dan menumbuhkan jiwa sosial, peduli terhadap sesama peserta dan lebih peka terhadap lingkungan dimana mereka berada nantinya" ujar Arafah Karim yang akrab dipanggil Kak Ongko Wajo.

Adapun kegiatan lainnya yang dipertandingkan yakni lomba cerdas tangkas, lomba tali temali, lomba pionering, lomba pentas seni, lomba baris berbaris Pramuka, lomba hiking penggalang dan Lomba lintas alam penegak yang turut di lombakan dalam acara kemah terpadu ini. 

Adapun tim juri lomba berasal dari andalan cabang (ancab) Inhil dari Tembilahan yang berkesempatan hadir yaitu Kak H Zulkarnaen (Sekretaris Kwarcab inhil), Kak Kamsul Arifin SSos (Sekretaris Pusdiklat Inhil), Raja Darwis, Darwisman SSos, Arafah Karim, Abd Rahman, Lovita Budyanto, Fauzan Basri, Saifi, Irhamna dan dibantu oleh beberapa adik-adik dari anggota Dewan Kerja Cabang Inhil.

Penggalang dan Penegak yang menjadi peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti setiap lomba, mereka selalu tidak ingin ketinggalan serta terlambat hadir dilapangan untuk berlomba. Namun lomba bukanlah tujuan utama mereka melainkan terjalinnya kebersamaan saling tukar ilmu antar sesama peserta dan bertambahnya teman-teman merekalah yang jadi pemicu meriahnya kegiatan Perkemahan Terpadu Wilayah Utara Inhil ini.

Sedangkan Siaga yang merupakan adik termuda di kepramukaan juga akan ikut andil dalam kegiatan kemah terpadu ini, siaga akan ikut kemah juga tapi cuma satu hari yang dinamakan Persari (perkemahan satu hari), siaga akan berlomba makan kerupuk, mancing botol, lari dalam karung, terompah raksasa.

"Perkemahan Terpadu ini akan menjadi agenda rutin Kwarcab Inhil yang mana untuk tahun berikutnya kembali akan diadakan di Kwaran lain di wilayah Utara Inhil ini. Semoga kegiatan kemah terpadu ini dapat membentuk karakter muda yang bertanggung jawab serta dapat di percaya di masa ini dan yang akan datang," tutup Arafah Karim. (rls)