Metropolis

Pantau Persiapan Pilkada Serentak 2020, Tim Kemenkopolhukam Berkunjung ke Siak

SIAK, RIAULINK.COM - Bupati Siak Alfedri menerima kunjungan tim Kemenkopolhukam yang di wakili Kepala Bidang Penguatan Partai Politik Dalam Negeri Kolonel Sigit Hariyono. Acara berlangsung di Aula Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Kamis, (21/11/2019).

Bupati Siak Alfedri usai acara saat di temui mengatakan menyambut baik dan mengapresiasi kunjugan kerja tim dari Kementerian Politik Hukum dan HAM ke kabupaten Siak. 

"Kedatangan tim Kemenkopolhukam ke kabupaten Siak, untuk menanyakan terkait kesiapan pemda dan pihak penyelenggara KPU dan BAWASLU yang melaksanakan pilkada serentak. Dari 9 kabupaten/kota di Riau yang melaksanakan pilkada 2020 mendatang, salah satunya kabupaten Siak,"ungkap Alfedr

Kedatangan tim ke Daerah juga mempertanyakan kesiapan pemerintah daerah, kepolisian, TNI beserta penyelengara Pilkada KPU dan BAWASLU, terkait kesiapan, pengamanan serta partisipasi masyarakat dalam memilih.

"Berkaitan dengan partisipasi masyarakat, di kabupaten Siak cukup tinggi. Ini kita buktikan pada Pilpres, Pilek, dan Pilgub beberapa waktu lalu cukup tinggi mencapai 80 persen,"sebutnya.

Sementara itu tim Kemenkopolhukam di wakili Kepala Bidang Penguatan Partai Politik Dalam Negeri Kolonel Sigit Hariyono mengatakan, dengan kehadirannya di sini pulang mendapat oleh-oleh berupa data, yang akan di laporkan kepada pimpinan.

"Kita ingin pilkada yang akan di laksanakan kedepan semakin lebih baik, apa yang menjadi kekurangan, pada Pemilu kemarin bisa di minimalisir,"ungkapnya.

Pihaknya juga menyampaikan, sudah mendata semua permasalahan baik di semua kementrian lembaga yang menanggani Pilkada, tidak singkronnya data rekaman penduduk yang ada di dukcapil. Persoalan data ini bisa di antisipasi jauh-jauh hari.

"Belum lagi tidak terpenuhinya target pemilih secara nasional 81 persen. Harapnya pimpinan kita yang baru Bapak Mahfud MD,  target partisipasi pemilih kalau bisa mendekati 100 persen, itu malah bagus karena di anggap demokrasi kita berjalan,"terangnya. 

Ia juga mengharapkan, berkaitan dengan tingginya angka partisipasi masyarakat tergantung pihak penyelengara yang senantiasa melakukan sosialisasi pemilu kepada masyarakat. Selanjutnya Sigit mengatakan penyelengara jauh-jauh hari mengantisipasi persoalan distribusi logistik dan keamanan.

"Setiap pesta demokrasi yang sering di masalahkan tentang distribusi logistik dan ke amanan, agar ini menjadi catatan. Kita juga mengharapkan netralitas ASN dan antispiasi penyebaran berita Hoak dan ujaran kebencian melalui media sosial,"tutupnya.

Hadir pada acara itu Kapolres Siak AKBP Doddy F.Sanjaya Sik SH MIK, Dandim 0303 BKLS Letkol Inf Timi Prasetya, Kajari Siak diwakili Kasi Intel Beni, Asisten Pem dan Kesra Siak L.Budhi Yuwono, Ketua KPU Siak Ahmad Rizal,  Ketua Bawaslu Siak diwakili Komisioner Bawaslu Siak Dardiri, Kakan Kesbangpol Siak Hasmizal, Sekretaris Inspektorat OK.Rendra, Sekretaris Sat Pol PP Syamsurizal.(Def/Humas Siak)