Pendidikan

Di Penghujung Tahun, Rencana Sekolah Gratis SMA/SMK Belum Juga Dibahas

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mulai tahun 2020 mendatang akan memprogramkan pendidikan gratis untuk tingkat SMA/SMK/MA. Namun hingga saat ini Komisi V DPRD Riau mengakui belum lagi melakukan pembahasan mengenai mekanisme, persiapan, besaran anggaran dan segala hal yang dibutuhkan.

Sementara saat ini sudah dipenghujung tahun 2020. Dimana tanggal 30 Oktober 2019 ini, segala penganggaran untuk kegiatan atau APBD 2020 sudah harus disahkan. 

"Belum, belum ada lagi dilakukan pembahasan oleh Komisi V bersama mitra kerja Dinas Pendidikan," sebut anggota DPRD riau, Sunaryo.

Lebih jauh menurut politisi PAN ini, saat ini Banggar DPRD Riau dan TAPD masih tahab pembahasan RAPBD 2020 secara global. Masih dalam tahap pembahasan mengenai pendapatan, belum lagi mengenai penganggaran kegiatan per kegiatan. 

"Kita lihat dululah anggarannya seperti apa untuk pendidikan gratis ini," sebutnya.

Disampaikan juga oleh Dapil Kota Dumai-Meranti- Bengkalis ini, mudah-mudahan dakam waktu dekat ini akan dilakukan pembahasan intern okeh Komisi V dengan Dinas Pendidikan. 

"RAPBD ini prosenya dibahas dulu di tingkat Banggar. Kemudian keluar nota untuk dilakukan pembahasan oleh Komisi, dibahas tingkat Banggar lagi dalam penyempurnaan," katanya lagi.