Sosbud

Bupati Inhil Hadiri Penutupan Puncak Gelar Seni Serumpun Festival Bumi Sri Gemilang XVIII Th 2019

INHIL, RIAULINK.COM - Bupati Indragiri Hilir Drs. HM Wardan Menghadiri acara puncak Gelar Seni Serumpun dalam rangka Festival Bumi Sri Gemilang XVIII tahun 2019 yang ditaja oleh Disparporabud Inhil di lapangan Gajah Mada Tembilahan, Sabtu (16/11/2019) malam.

Festival ini digelar selama 7 hari yakni dari tanggal 11-17 November 2019. Kegiatan ini diikuti 13 Tim Kesenian dan 50 peserta festival dangdut.

Kadisparporabud Inhil Junaidi menyampaikan tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai wadah unuk menyalurkan seni dan budaya serta melestarikan seni dan budaya yang ada di kabupaten Inhil.

"Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi, karena kegiatan ini di ikuti oleh 2 negara tetangga yakni negara malaysia dan singapura, selain negara tetangga kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa perwakilan provinsi seperti Prov. Jambi, Prov. Sumsel, Prov. Sumut, Prov. Kepri, Prov. Sumbar, serta Prov. Nangroe Aceh Darussalam," Ujar junaidi 

kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir dalam rangka membangun dan memajukan kebudayaan melalui seni dan budaya dalam rangka menjaga nafas dan pembangunan di negeri hamparan kelapa dunia.

HM Wardan selaku Bupati Indragiri Hilir sekaligus tuan rumah merasa bangga dan mendukung baik pergelaran Seni Serumpun dalam rangka festival Bumi Sri Gemilang yang disambut baik oleh masyarakat, karena selain di isi oleh 13 grup seni yang tampil, acara ini juga akan diisi dengan penampilan 50 peserta yang mengikuti festival dangdut.

"Pagelaran kesenian ini memiliki makna yang cukup penting, tidak hanya berperan sebagai forum untuk berbagi dan bertukar informasi, tentang pembinaan, pengembangan dan upaya untuk memajukan seni tradisi serumpun antar Provinsi dan antar Negara," ungkap Bupati HM Wardan.

Bupati mengatakan pergelaran tersebut untuk meningkatkan pemahaman dan apresiasi masyarakat terhadap seni dan budaya serta memberikan hiburan yang edukatif dan bernilai cultural sebagai filter masuknya budaya barat yang dapat mengikis jati diri bangsa khususnya rumpun Melayu.

Tampak hadir dalam acara puncak festival seni serumpun ini Wakil Bupati Inhil H. Syamsuddin Uti, Sekda Inhil H Said Sarifuddin, wakil pimpinan DPRD Kab.Inhil Andi Rusli Malarangenh, serta seluruh tamu undangan.Jb