Peristiwa

Jokowi Puji Manajemen Bencana Gempa di Maluku Utara

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

RIAULINK.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku terus memantau informasi gempa bumi magnitudo 7,1 di Maluku Utara (Malut) malam tadi. Jokowi memuji manajemen kebencanaan yang semakin baik.

"Ini akan saya ikuti terus untuk mendapatkan laporan yang paling akhir. Kita patut bersyukur masyarakat sekarang sudah lebih tenang dan aparat manajemennya juga lebih baik sehingga ketenangan itulah yang saya kira mengurangi korban-korban yang ada," kata Jokowi di Bandar Udara Radin Inten II, Lampung Selatan, Lampung, seperti keterangan tertulis yang disampaikan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat (15/11/2019).

Jokowi mendapat laporan bahwa gempa direspons dengan antisipasi yang baik. Karena itu, jumlah kerusakan dan korban relatif minim.

"Tadi malam saya mendapatkan laporan gempa telah terjadi pukul 23 lebih 17 menit. Saya ikuti sampai jam setengah tiga tadi malam," kata Jokowi.

Diketahui, gempa M 7,1 mengguncang Jailolo, Maluku Utara, Kamis (14/11) pukul 23.17 WIB, atau sudah masuk Jumat (15/11) 00.17 Wita. BNPB mencatat 2 orang mengalami luka akibat reruntuhan material bangunan. Sebanyak 19 bangunan pun mengalami kerusakan ringan.